detikhealth

AS Keluarkan Biaya Kesehatan Terboros, Jepang Paling Irit

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 04/05/2012 17:05 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Kesehatan merupakan hak setiap warga negara yang harus dijamin secara penuh oleh negara. Namun sebuah studi terbaru terhadap 13 negara industri di dunia menunjukkan bahwa Jepang menghabiskan biaya perawatan kesehatan paling sedikit sedangkan Amerika Serikat menghabiskan biaya terbesar namun tanpa menyediakan perawatan kesehatan superior.

Menurut laporan dari The Commonwealth Fund, Amerika Serikat menghabiskan hampir 8.000 dolar AS atau Rp 74 juta per orang pada 2009 untuk membayar layanan perawatan kesehatan.

Angka ini lebih besar dari ke-12 negara lain yang diteliti yaitu Australia, Inggris, Kanada, Denmark, Perancis, Jerman, Jepang, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Swedia atau Swiss.

Sebaliknya, Jepang menghabiskan biaya paling sedikit yaitu 2.878 dolar AS atau Rp 26,5 juta perkapita pada 2008.

The Commonwealth Fund sendiri merupakan sebuah yayasan swasta yang concern terhadap peningkatan layanan perawatan kesehatan di Amerika Serikat.

Besarnya pengeluaran untuk layanan perawatan kesehatan di AS lebih dari 17 persen GDP (Gross Domestic Product)-nya pada 2009, sedangkan Jepang hanya di bawah 9 persen GDP.

"Jepang memang mengoperasikan sistem layanan berbayar namun disertai penawaran akses yang tak terbatas untuk dokter spesialis, rumah sakit dan suplai pemindaian MRI dan CT yang besar," ungkap laporan tersebut.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit