detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Susie Rendra, SpKK

dr. Susie Rendra, SpKK adalah dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Gadis yang Resah Karena Banyak Rambut di Wajah

Senin, 07/05/2012 13:49 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Dok, bagaimana solusi terbaik untuk menghilangkan rambut yang tumbuh berlebih di area wajah seperti di area dagu dan di bawah hidung (kumis)? Saya selaku perempuan sangat risih karena terlihat berkumis dan berjenggot. Apa pemakaian kosmetik berpengaruh negatif atau berandil dalam bertambah suburnya pertumbuhan rambut di wajah yang tidak lazim bagi perempuan. Terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya.

Farida (Perempuan Menikah, 27 tahun), farida.xxx@gmail.com
Tinggi Badan 163 cm dan Berat Badan 65 kg

Jawaban:

Rambut yang tumbuh berlebihan pada area dagu dan atas bibir pada seorang perempuan, memang tidak menyenangkan. Perlu dievaluasi apakah rambut berlebih tersebut sudah terjadi sejak usia muda ataukah baru-baru ini.

Bila terjadi belum lama, perlu dipikirkan kemungkinan akibat penggunaan krim perawatan yang mengandung kortikosteroid. Penggunaan krim yang mengandung kortikosteroid jangka panjang sering memicu pertumbuhan rambut berlebihan. Bila memang dipicu oleh krim, maka penghentian krim merupakan keharusan, agar hasil terapi lebih memuaskan.

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan unwanted hair ini. Cara yang paling mudah tentu saja menggunakan krim-krim untuk depilasi (merontokkan) rambut, yang dijual secara bebas. Pergunakan secara berhati-hati, karena seringkali menimbulkan iritasi pada area pengolesan.

Cara lain yang tersedia adalah menggunakan terapi laser atau IPL (intense pulse light) yang memiliki efek hair removal, yang banyak disedikan di klinik-klinik kulit.

dr. Susie Rendra, SpKK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. Serta di RS Pondok Indah Pondok Indah, Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.


(ir/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit