detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD, Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.

Ayah dan Calon Mertua Saudara Sepupu, Apa Risikonya Bila Anak Menikah?

Rabu, 09/05/2012 11:22 WIB
(Foto: thinkstock)
Selamat pagi dokter.

Ayah saya dan ibu pacar saya adalah saudara sepupu dari pihak laki-laki (eyang kakung saya kakak dari eyang kakung pacar saya). Bagaimana kemungkinan penurunan genetika pada anak kami? Dan antisipasi apa yang harus kami lakukan? Terimakasih

Sita (Perempuan Lajang, 27 tahun), thalasXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 156 cm dan Berat Badan 48,5 kg

Jawaban

Dari penjelasan Anda, tampak bahwa Anda adalah sepupu II (second cousin) dari pacar Anda. Anda dan pacar Anda memiliki great-grandparents yang sama. Seperti penjelasan saya terdahulu (lihat “Apa risikonya menikahi sepupu?”), hubungan kekerabatan sampai sepupu II masih dianggap memiliki resiko yang signifikan untuk menurunkan penyakit genetik, terutama yang penurunannya secara autosomal recessive.

Sulit untuk sama sekali menghindari risiko-nya. Namun Anda berdua dapat mencoba mengidentifikasi jika ada diantara saudara Anda dengan great-grandparents yang sama yang kemungkinan memiliki kelainan genetik. Tentunya hal ini perlu dilakukan melalui konsultasi dengan dokter ahli. Setelah itu dokter ahli dapat menentukan langkah-langkah pemeriksaan laboratorium selanjutnya yang lebih spesifik.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD
Ahli Genetika Molekuler, (peneliti dan pengajar) di Human Genome Center, School of Medical Sciences, Universiti Sains Malaysia, 16150 Kubang Kerian, Kota Bharu Kelantan, Malaysia.





(ir/mer)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit