detikhealth

Jumlah Bakteri di Miss V Bisa Turun Naik

Linda Mayasari - detikHealth
Senin, 14/05/2012 13:01 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, Jumlah bakteri di kemaluan wanita ternyata dari waktu ke waktu tidak pernah stabil. Jumlahnya turun naik kadang banyak, kadang sedikit tergantung tingkat keasaman (pH) di vagina.

Bakteri tertentu pada vagina memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan organ reproduksi Anda. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu, bakteri tersebut dapat menigkat jumlahnya dan dapat menyebabkan tumbuhnya mikroba dalam vagina.

Banyak orang berpikir bahwa bakteri baik pada vagina dapat melindungi terhadap infeksi, terutama bakteri dari genus Lactillus yang menghasilkan asam laktat dan menjaga pH pada vagina.

Namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa komunitas bakteri tertentu dapat mengalami peningkatan jumlah populasi dari waktu ke waktu yang dapat berbahaya.

Jenis bakteri tertentu yang populasinya meningkat akan menyebabkan microbiome vagina, tetapi kondisi tersebut tidak sama pada semua wanita. Ada beberapa wanita yang memiliki populasi bakteri vagina yang stabil dan ada yang melimpah.

"Perubahan populasi bakteri cenderung bertepatan dengan periode menstruasi dan aktivitas seksual. Periode menstruasi dan aktivitas seksual telah dikaitkan dengan perubahan populasi bakteri, tetapi faktor tersebut juga tidak selalu konsisten pada masing-masing wanita, faktor lain mungkin juga berpengaruh," kata Jacques Ravel, PhD, dari University of Idaho seperti dilansir dari medpagetoday, Senin (14/5/2012).

Ravel dan beberapa rekan peneliti yang lain menggunakan teknologi genomik untuk meneliti urutan RNA bakteri vagina dan melihat apakah populasi bakteri tersebut dapat berubah atau tetap stabil.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit