detikhealth

9 Cara Mengatasi Masalah yang Timbul Ketika Wanita Berhenti Merokok

Linda Mayasari - detikHealth
Senin, 14/05/2012 18:29 WIB
Halaman 1 dari 3
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Wanita yang memiliki kebiasaan merokok, umurnya akan lebih pendek hingga 14 tahun dari seharusnya. Kini ada strategi cerdas yang dapat membantu wanita untuk berhenti merokok.

Menurut para ahli, wanita sering merasa lebih sulit berhenti merokok daripada pria. Hal tersebut bukan karena wanita memiliki kemauan untuk berhenti merokok kurang dari pria, tapi faktor biologi dan sosial yang menghambat wanita lebih besar.

Kebanyakan wanita yang memiliki kebiasaan merokok memiliki masalah kesehatan psikologis seperti depresi dan lebih memilih rokok sebagai pelarian. Frekuensi stres yang dialami wanita juga lebih banyak daripada pria.

Tetapi tidak mudah bagi Anda yang telah memiliki kebiasaan merokok untuk berhenti begitu saja. Anda akan mengalami beberapa masalah kesehatan di awal Anda berhenti merokok seperti pusing, gangguan tidur, sembelit dan sebagainya.

Berikut masalah kesehatan yang timbul ketika Anda berhenti merokok dan strategi untuk melawannya seperti dikutip dari lifescript, Senin (14/5/2012) antara lain:

1. Kecemasan
Merokok sangat terkait dengan relaksasi bagi kebanyakan wanita perokok. Banyak wanita yang mengandalkan rokok untuk menenangkan ketakutan atau tekanan di tempat kerja. Ketika Anda mulai berhenti merokok, Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengatasi kecemasan terhadap beberapa masalah.

Akan lebih baik jika Anda mengatasi kecemasan dan relaksasi dengan latihan pernapasan, misalnya dengan menutup mata, menarik napas dalam-dalam, menahan napas sebentar dan menghembuskannya perlahan. Anda juga dapat berjalan-jalan di sekitar kantor sejenak untuk melepaskan kepenatan kantorNext

Halaman 1 2 3
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit