detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Gigi
Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist), adalah Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Akar Gigi Geraham Tertinggal, Apa yang Harus Dilakukan?

Rabu, 16/05/2012 12:50 WIB
(Foto: Thinkstock)
Dok, saya sudah mencabut gigi geraham tapi akarnya tertinggal. Kata dokter yang mencabut gigi saya tidak apa-apa karena dalam waktu beberapa bulan akar gigi akan muncul dan akan dicabut kembali. Pertanyaannya adalah apakah selama akar gigi saya belum dicabut gusi saya akan sakit? Dan apakah benar tidak berbahaya dok?

Dasanov (Pria Lajang, 20 Tahun), adaXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 181 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Untuk sisa akar gigi yang tidak bisa dicabut, itu tidak akan keluar sendiri sampai kapan pun. Anjuran saya, Bapak lakukan Rontgen foto gigi Panoramik terlebih dahulu agar bisa diketahui posisi akar giginya.

Bila akarnya bengkok mau tidak mau harus dilakukan bedah kecil untuk mengeluarkannya dan Bapak boleh menghubungi dokter gigi bedah mulut (Sp.BM).

Jangan khawatir karena tidak sakit dan yang pasti sumber penyebaran penyakit dari sisa akar gigi yang tertinggal tersebut sudah hilang.

Drg. Andrew C. Luwuk, Sp.KG (Endodontist)
Dokter Spesialis Konservasi Gigi. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.


(ir/ver)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit