detikhealth

Ini Sarapan Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 21/05/2012 08:30 WIB
Ini Sarapan Terbaik untuk Turunkan Berat BadanIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka upaya harus dilakukan sejak pagi hari. Makan sarapan yang sehat dapat memberi banyak manfaat, termasuk menekan nafsu makan dan memberikan tenaga untuk aktif sepanjang hari.

Melewatkan sarapan sering dianggap sebagai taktik penurunan berat badan yang cukup efektif. Sayangnya, hal tersebut justru dapat merugikan tubuh.

Berikut beberapa sarapan terbaik yang bisa bantu turunkan berat badan, seperti dilansir Livestrong, Senin (21/5/2012):

1. Buah-buahan

Buah adalah makanan bermanfaat untuk dimakan setiap saat sepanjang hari, tetapi akan sangat efektif bila disantap di pagi hari.

Memulai hari dengan buah-buahan dapat membuat Anda makan makanan yang sehat di jam-jam setelahnya, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan, menurut MayoClinic.

Buah adalah karbohidrat sederhana yang dapat dipecah menjadi energi, yang menjadi bahan bakar pada latihan pagi Anda.

Selain itu, buah-buahan mengandung banyak air, yang dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan dan menjaga untuk tidak ngemil makanan tambahan sepanjang hari.

2. Gandum utuh dan serat

Menurut American Heart Association, makanan yang tinggi serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, juga memiliki jumlah kalori yang rendah.

Ini membantu Anda mengendalikan berat badan di pagi hari dan membatasi ngemil sepanjang hari.

Roti gandum dan sereal, serta oatmeal adalah makanan tinggi serat untuk sarapan di pagi hari yang merupakan makanan tepat untuk penurunan berat badan.

3. Yogurt

Yogurt yang dicampuran dengan baik oleh buah dan granola, membuat yogurt rendah lemak dan baik untuk makanan pagi Anda.

Yogurt juga tinggi kalsium, yang membantu untuk melawan lemak dan menurunkan berat badan, menurut University of Knoxville. Yogurt mudah dikonsumsi dan dapat dimakan dengan menghemat waktu di pagi hari.

4. Air

Segelas air dingin di pagi hari dapat membantu menekan nafsu makan dan membuat Anda merasa kenyang, yang dapat membantu membatasi makanan dan menurunkan berat badan.

Minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Mulailah hari dengan minum air putih, juga minum segelas air putih sekitar satu jam sebelum Anda makan untuk mendapatkan efek yang sama.



(mer/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit