detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Amankah Minum Jamu Galian Montok Agar Bisa Nafsu Makan?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 21/05/2012 11:41 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Saya tipe yang suka pilih makan dan sangat sensitif jika sayur atau ikannya tidak fresh, maka saya akan merasa mual. Apakah ada cara yang bisa membuat nafsu makan dan bisa makan makanan yang tidak saya suka tanpa merasa mual? Satu lagi, apakah jamu sido muncul 'galian montok' itu aman dikonsumsi? Soalnya saya dapat saran dari teman, katanya mengkonsumsi jamu itu bagus untuk nafsu makan. Tapi, ada yang bilang konsumsi jamu itu berefek samping pada organ tubuh seperti ginjal?

Ken (Perempuan Lajang, 20 Tahun), momoXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 170 Cm, Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Halo Ken,

Salah satu cara menghilangkan bau amis (yang mungkin menyebabkan perasaan tidak fresh) adalah dengan merendam ikan, ayam, daging ataupun sayur dalam larutan cuka atau lemon dan air 10-30 menit.

Semoga dengan cara itu bisa tidak mempermasalahkan fresh atau tidaknya makanan tersebut, karena sayang sekali makanan yang terbuang hanya karena tidak fresh menurut Kamu.

Pada jaman modern sekarang ini jarang sekali ada makanan yang benar-benar fresh dengan bertambahnya jarak antara tempat panen/tangkap, tempat penjualan dan rumah tempat makanan diolah padahal dengan bertambahnya jarak tentunya bertambah pula biaya dan komoditi yang digunakan (air, bensin, tenaga kerja) serta sampah yang dihasilkan.

Saya lihat daftar isi jamu yang kamu sebutkan terdiri dari kunyit, papaya, cabe Jawa, herbal dan bahan-bahan lain. Jika menurut daftar isi yang disebutkan saya rasa tidak ada pengaruh negatif terhadap ginjal jika diminum sesuai anjuran yang tertera pada kemasan. Harap diingat juga bahwa terdapat 'bahan-bahan lain' yang saya tidak tahu efeknya.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit