10 Cara Alami Mengatasi Serangan Semut

Linda Mayasari - detikHealth
Rabu, 23/05/2012 08:32 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Akan sangat menyebalkan jika Anda mendapati koloni semut mengerumuni gula atau kue yang Anda simpan di dapur. Membasmi semut dengan menggunakan insektisida berbahaya bagi kesehatan Anda, oleh karena itu gunakan cara alami untuk mengatasinya.

Berikut 10 cara membasmi semut dengan cara alami seperti dilansir dari mnn, Rabu (23/5/2012) antara lain:

1. Air jeruk nipis
Semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut. Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut.

2. Kayu manis
Taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah. Penggunaan bubuk kayu manis untuk menghalau semut terbukti efektif, selain itu juga mudah dibersihkan.

3. Peppermint
Minyak esensial peppermint juga dapat mengusir semut. Jika Anda susah mendapatkan minyak esensial peppermint, Anda dapat menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.

4. Boraks, air dan gula
Campurlah boraks, air dan gula hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta boraks tersebut di tiap-tiap sudut rumah yang biasa dilalui semut. Semut akan membawa bongkahan-bongkahan pasta yang dikira gula tersebut ke dalam sarangnya tanpa mengetahui pasta tersebut mengandung racun boraks.

5. Air mendidih dan sabun cuci piring
Membasmi koloni semut dengan menyiram air panas merupakan cara yang lebih alami dan aman daripada penggunaan insektisida. Atau Anda juga dapat menggunakan botol semprot berisi air yang bercampur sabun cuci piring dan semprotkan pada kerumunan semut.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit