detikhealth

Bayi Baru Lahir Akan Dapat Sistem Kekebalan Tubuh Buatan

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Kamis, 24/05/2012 17:01 WIB
Halaman 1 dari 2
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Ketika meninggalkan rahim ibu, bayi menghadapi dunia luar yang banyak mengandung kuman berbahaya. Saat ini, sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya berkembang dengan baik. Maka, ilmuwan membuat sistem kekebalan tubuh buatan untuk bayi baru lahir.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, sekitar 1 juta bayi baru lahir meninggal setiap tahun karena penyakit menular yang dapat dicegah. Kebanyakan kasus tersebut terjadi di Asia dan Afrika.

"Cara terbaik untuk melindungi anak-anak ini adalah dengan vaksinasi saat lahir. Banyak infeksi terjadi pada awal kehidupan," kata Guzman Sanchez-Schmitz dari Harvard Medical School dan Rumah Sakit Anak Boston di Massachusetts seperti dilansir Newscientist.com, Kamis (24/5/2012).

Sistem kekebalan tubuh bayi berbeda dengan orang dewasa dan cenderung lebih lemah jika menghadapi bahan asing, apalagi infeksi. Vaksin untuk bayi baru lahir masih jarang ditemui. Sebagian besar vaksin dikembangkan untuk orang dewasa dan disesuaikan untuk orang-orang muda.

Untuk mengembangkan vaksin bagi bayi baru lahir, Sanchez-Schmitz dan rekan-rekannya telah menciptakan cara baru untuk membuat sistem kekebalan tubuh bagi bayi baru lahir.

Peneliti mengambil darah dari pembuluh vena umbilikalis manusia dan menggunakannya untuk membuat dua jenis sel, yaitu sel yang membentuk dinding pembuluh darah dan sel darah putih yang merupakan sel utama pendukung sistem kekebalan. Tim peneliti juga mampu menumbuhkan sel-sel dalam matriks kolagen di dalam tubuh yang memberi dukungan fisik dan biokimia.

"Sistem kekebalan tubuh buatan pertama terdiri dari komponen manusia sepenuhnya dan bertindak dengan cara yang mirip dengan sistem kekebalan tubuh bayi yang baru lahir," kata Sanchez-Schmitz.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit