detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. Susie Rendra, SpKK

dr. Susie Rendra, SpKK adalah dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Praktik di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Kenapa Kutil Kelamin Tumbuh Lagi Padahal Sudah Dioperasi?

Selasa, 29/05/2012 15:54 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Dok, saya terkena kondiloma akuminata (kutil kelamin) sudah dioperasi tapi masih terus muncul berupa bintik merah seperti jerawat. Jika tak diobati akan tumbuh semakin besar. Apakah ada obat untuk menghilangkan virusnya agar tak kambuh lagi? Karena saya masih ingin punya anak lagi. Terimakasih.

Corry (Perempuan Menikah, 28 Tahun), q.qXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 68 Kg

Jawaban

Sampai saat ini, pengobatan kondiloma akuminatum (KA) atau kutil kelamin merupakan tantangan besar di dunia kedokteran. Menghilangkan massa kutil dari permukaan kulit mudah dilakukan, namun mencegah kekambuhan merupakan hal sulit yang kadang tak dapat dilakukan.

KA yang tumbuh sebagai kutil dapat diterapi dengan berbagai cara, misalnya dengan pengolesan podofilin, TCA (trichloroacetic acid), ataupun dengan cara bedah, baik bedah listrik, bedah beku, bedah eksisi maupun laser CO2.

Yang sering menjadi masalah adalah seringkali KA subklinis. Pada keadaan ini massa kutil tak tampak di permukaan kulit. Namun dengan pemeriksaan tambahan (misalnya dengan pengolesan asam cuka) ternyata sebenarnya sudah ada area yang juga mengalami kerusakan yang berpotensi utnuk menajdi kutil di kemudian hari.

Sulit untuk menentukan apakah kutil yang tumbuh lagi merupakan kekambuhan ataukah akibat infeksi baru. Pada keadaan Anda, vaksinasi yang bersifat mencegah atau mengurangi kemungkinan infeksi baru tetap dapat dilakukan.Next

Halaman 1 2
(ir/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit