detikhealth

Ulasan Khas

Cuma Perempuan-perempuan Ini yang Boleh Aborsi

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 30/05/2012 10:42 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Aborsi umumnya dilakukan secara ilegal karena hamil di luar nikah atau tidak menginginkan punya anak. Tapi perempuan dengan kondisi tertentu kadang diperbolehkan untuk melakukan aborsi.

"Sesuai Undang-undang kesehatan hanya secara medis atau ada kondisi medis tertentu saja yang boleh aborsi, selain itu tidak boleh," ujar dr R. Muharam, SpOG, dari RS Cipto Mangunkusumo saat dihubungi detikHealth, Rabu (30/5/2012).

dr Muharam menuturkan hal ini biasanya jika kehamilan yang terjadi dapat membahayakan kondisi sang ibu, misalnya ia memiliki penyakit jantung berat atau orang-orang yang memang tidak boleh hamil akibat penyakit tertentu atau penyakit yang bisa menyebabkan masalah kehamilan fatal.

Dalam hal ini aborsi dilakukan jika bisa membahayakan kondisi si ibu seperti menyebabkan kematian ibu sehingga janin dikorbankan, atau jika bayi yang dilahirkan akan menjadi cacat.

"Kalau penyakitnya ringan dan tidak berbahaya bagi si ibu dan juga janin, maka tidak boleh diaborsi," ujar dr Muharam yang berpraktek di Klinik Yasmin RSCM.

Selain itu sebelum memutuskan seorang ibu hamil boleh diaborsi atau tidak, perlu pemeriksaan dari beberapa disiplin ilmu, dan tidak bisa hanya diputuskan oleh 1 orang dokter saja.

"Kalau kita di RSCM melalui 1 tim yang terdiri dari dokter kebidanan, dokter jiwa, dokter jantung jika memiliki masalah jantung dan kepolisian, kita melakukan rapat tim jadi enggak boleh sendirian," ungkapnya.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit