detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Senin, 22/12/2014 13:16
100 Konsultasi Terpopuler
Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Makan Apa Biar Bisa Tinggi?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 30/05/2012 12:36 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Saya ingin bertanya, di keluarga saya hampir semua saudara saya memang memiliki postur badan yang tidak tinggi, di umur saya yang 20 tahun saya hanya memiliki tinggi 151 cm. Yang saya ingin tanyakan apakah saya masih bisa tumbuh tinggi lagi? Mengingat faktor keturunan yang membuat saya tidak tinggi? Makanan apa yang harus dikonsumsi biar tinggi bertambah? Bila memerlukan suplemen atau obat adakah suplemen atau obat yang bisa direkomendasikan untuk saya? Terimakasih

Andika (Laki-laki Lajang, 20 Tahun), dickaXXXX@ymail.com,
Tinggi Badan 151 Cm, Berat Badan 39 Kg

Jawaban

Halo Andika,

Sepertinya masalah tinggi badan kamu merupakan masalah genetik (keturunan). Pada umur 20, kamu masih dapat bertambah tinggi. Saran saya adalah rajin berolahraga sehingga merangsang pertumbuhan otot dan tulang juga membantu membentuk massa tulang. Sangat baik jika menyertainya dengan menambah konsumsi kalsium dan vitamin D (untuk tulang) juga protein (untuk massa otot).

Sumber kalsium yang baik adalah produk susu (susu, yoghurt, keju), susu kedelai, kacang-kacangan (almond, walnut). Sumber protein yang baik adalah daging, ayam, ikan, susu, telur dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk memilih produk yang rendah lemak dan membuang lemak-lemak yang menempel pada daging atau ayam.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.


(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit