detikhealth

Ulasan Khas

Jamu Telat Datang Bulan Sering Disalahgunakan untuk Aborsi

AN Uyung Pramudiarja,Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 30/05/2012 16:50 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Di Indonesia tidak ada jamu yang khusus untuk aborsi. Tapi pelaku aborsi biasanya menggunakan jamu telat datang bulan, jamu pelancar haid atau jamu peluruh untuk menggugurkan kandungannya.

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) mencatat jamu-jamuan untuk telat datang bulan atau pelancar haid kerap digunakan untuk aborsi.

"Banyak yang mencoba terminasi dengan jamu-jamuan. Jamu-jamuan kan nggak ada aturannya. Ini seharusnya peran pemerintah, mengapa aborsi tidak diperbolehkan tapi seperti jamu-jamuan itu tidak ada aturannya. Jadi seolah-olah mudah sekali mencari cara untuk aborsi karena itu banyak dijual bebas di toko obat. Seharusnya penjualan jamu-jamu seperti itu juga diatur," jelas Inne Silviane, Direktur Eksekutif PKBI Pusat, saat dihubungi detikHealth, Rabu (30/5/2012).

Selain jamu-jamuan yang banyak ditemui di warung jamu, obat-obatan anti prostaglandin juga digunakan oleh pelaku aborsi.

Prostaglandin adalah sejenis bahan kimia yang terjadi secara alami dalam tubuh yang mengatur ketegangan otot, termasuk kontraksi dan relaksasi otot. Obat ini biasanya harus dihindari oleh wanita hamil karena bisa memicu kontraksi rahim.

Sayangnya, jamu dan obat-obat yang dilarang untuk wanita hamil justru dimanfaatkan oleh wanita yang mengalami kehamilan tak diinginkan untuk praktek aborsi tidak aman.

Salah satu obat yang sering dipakai untuk aborsi adalah 'M', yang di Indonesia dipasarkan dengan nama dagang 'C'. Obat ini termasuk obat keras dan hanya bisa dibeli dengan resep dokter, namun kenyataanya banyak yang menjualnya di toko-toko obat maupun di situs internet.Next

Halaman 1 2 3
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit