Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS adalah dokter Neurologist & Interventional Neurologist (Ahli Penyakit Saraf dan Saraf intervensi ). Praktik di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jl RS Fatmawati, Cilandak Jakarta Selatan. Telpon 021-7501524. (Periode konsultasi: 22 Mei 2012 hingga 4 September 2012)

Jari Kiri Terasa Seperti Ditusuk Jarum, Gejala Apa Ini?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 31/05/2012 12:46 WIB
il
Jakarta, Salah satu jari tangan kiri saya kadang-kadang terasa seperti ada tusukan jarum dari arah dalam. Saya agak rutin berolahraga (sepeda). Menyenangi masakan Padang tapi tidak berlebihan. Tidak punya riwayat penyakit.

Masalahnya, saya khawatir ini merupakan gejala awal penyakit tertentu (yang saya belum tahu persis). Mohon penjelasannya, Dok. Terimakasih.

Taufik I (Pria Menikah, 52 Tahun), taufikxxx@gmail.com
Tinggi Badan 172 Cm, Berat Badan 79 Kg

Jawaban :

Mas Taufik, menyimak gejala yang Anda rasakan pada jari-jari tangan kanan Anda saya berpikir ada beberapa keadaan seperti sindroma terowongan karpal, iritasi radiks, tendinitis, ataupun trigger fingered. Dari yang disebut itu hanya tendinitis yang penyebabnya agak berbeda yaitu peradangan pada tendon (ujung otot) dari otot otot pergelangan tangan. Sementara yang lainnya dasarnya adalah apa yang kita biasa sebut saraf kejepit, walaupun istilah saraf kejepit dari persepsi awam dan medis adalah berbeda.

Penting bagi Anda untuk datang ke spesialis saraf guna dilakukan pemeriksaan EMG untuk mengetahui yang mana dari ke 3 itu yang anda derita. Bila diagnosa sudah ditegakkan, maka biasanya spesialis saraf akan memberikan penahan rasa sakit, dan setelah itu biasanya akan dilakukan modalitas terapi lainnya seperti fisioterapi, akupuntur, ataupun chiropractic. Pemeriksaan rontgen tidak selalu dilakukan bergantung keadaan.

Kadang kala kami menyarankan Anda melakukan olah raga tertentu dan menyarankan menghindari gerakan gerakan yang akan membuat keluhan nyeri bertambah, dan pada beberapa kasus kami minta Anda membeli wrist band untuk membantu sendi pangkal lengan Anda tidak terlalu banyak bergerak.

Demikian jawaban dari saya, semoga bisa mengobati rasa penasaran Anda, terima kasih.


Dr. Fritz Sumantri Usman Sr,SpS, FINS
Dokter Neurologist & Interventional Neurologist (Ahli Penyakit Saraf dan Saraf intervensi). Praktik di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jl RS Fatmawati, Cilandak Jakarta Selatan. Telpon 021-7501524.


(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit