detikhealth

Jauhkan Remaja dari Narkoba dan HIV dengan Ikut Yoga

Gede Suardana - detikHealth
Senin, 04/06/2012 14:06 WIB
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Ubud, Bali, Jumlah remaja yang terjerat narkoba dan kena HIV AIDS terus meningkat. Diperkirakan pada 2020 orang Indonesia yang terkena HIV AIDS mencapai 1,9 juta orang. Melatih yoga ke remaja bisa menjauhkannya dari bahaya narkoba dan HIV.

Banyak cara dilakukan untuk mencegah bahaya narkotika dan HIV/Aids. Salah satu cara efektif dan sederhana adalah dengan melatih remaja beryoga.

Workshop yoga digelar oleh Anand Ashram di Jl Sriwedari, Ubud, Bali, Minggu (3/6/2012). Sebanyak 25 remaja putra dan putri yang menetap di sekitar ashram mengikuti workshop yoga dan pemberdayaan pemuda tersebut.

Dalam workshop bertajuk 'Youth Challenges & Empowerment' ini, peserta diberikan pengantar tentang yoga sekaligus dilatih dasar-dasar yoga.

"Workshop ini sekaligus untuk mencegah semakin banyaknya penderita HIV/AIDS akibat pergaulan yang salah. Penderita HIV/AIDS di Bali saat ini tinggi. Jadi workshop ini ini merupakan mekanisme pencegahan bahaya yang lebih besar," kata penyelenggara workshop, Dr Wayan Sayoga kepada wartawan, Senin (4/6/2012).

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) jumlah penduduk Indonesia yang terkena virus HIV/AIDS pada 2020 diperkirakan bisa mencapai 1,9 juta orang. Setiap satu jam, seorang remaja pemuda di Indonesia terjangkit HIV.

Beberapa remaja peserta workshop mengaku sangat tertarik dengan kegiatan ini. "Awalnya memang capek, tapi setelah selesai yoga badan jadi segar . Yoga ini ngebantu saya untuk menyadari badan saya sakitnya dimana. Dengan terus dilatih, akan memperkuat badan dan pikiran kita, ujar peserta lainnya," kata Tara Rafi.


(gds/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close