detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Gunawan Susanto Sp.BS

Dr. Gunawan Susanto Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222

Nyeri yang Tak Kunjung Sembuh Setelah Jatuh dari Motor

Rabu, 06/06/2012 11:05 WIB
(Foto: Thinkstock)
Dok, 2 tahun lalu saya pernah jatuh dari sepeda motor. Bagian lutut kaki sebelah kiri memar sampai mengalami nyeri. Sekitar bulan mei 2010 saya melakukan rogten ternyata hasilnya baik-baik saja dan kemudian saya menjalani fisioterapi karena nyerinya sudah sampai paha dan pantat. Sampai sekarang saya sudah menjalani fisioterapi sebanyak 4 kali tapi hasilnya tidak kunjung sembuh, bahkan sudah menjalar ke pinggang. Oh ya dok, aktivitas saya di kantor kebanyakan duduk. Bagaimana agar nyeri ini cepat sembuh dok? Terimakasih.

Susi Indrawati (Perempuan Menikah, 30 Tahun), susiXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 159 Cm, Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Kalau 2 tahun yang lalu jatuh sampai membuat bengkak di lutut kiri dan dari rontgen tidak nampak kelainan, artinya pada saat itu tidak ada masalah tulang lutut yang ada masalah jaringan lunak disekitar lutut.

Sekarang nyerinya menjalar sampai di pinggang (Berapa lama kemudian timbulnya? Apakah sebelum sembuh nyeri lutut nyerinya sudah menjalar ke pinggang?) Kalau ada masalah di jaringan lunak lutut tentunya tidak akan menjalar ke pinggang, kecuali waktu jatuh menyebabkan masalah juga di pinggang, jadi diperlukan penjelasan yang detail.

Kalau ada keluhan nyeri pinggang yang menjalar ke tungkai atau kaki itu menunjukkan adanya jepitan saraf di pinggang yang perlu dibuktikan dengan pemeriksaan lain, yaitu EMG serta MRI lumbal dan mungkin pemeriksaan lainnya. Jadi sebaiknya Anda harus memeriksakan ke dokter Bedah Saraf atau Bedah Tulang.

Dr. Gunawan Susanto Sp.BS
Dokter Spesialis Bedah Saraf. Praktik di RS PURI INDAH-PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 2569522.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit