detikhealth

Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Makanan Apa yang Harus Dihindari Penderita Sakit Hati?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 06/06/2012 13:18 WIB
Makanan Apa yang Harus Dihindari Penderita Sakit Hati?(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Suami saya menderita sakit liver, gama GT, SGOT, SGPTnya selalu tinggi, kolesterol juga sangat tinggi yaitu lebih dari 300, padahal suami saya bukan perokok, bukan peminum, sayur dan buah juga sering dikonsumsi, serta pantangan-pantangan dari dokter juga dipatuhi. Tetapi kenapa ya kolesterol, gama GT, dan sebagainya masih tetap tinggi? Suami diberikan resep dokter penurun kolesterol, pagi dan sore juga selalu minum rebusan temulawak. Kira-kira makanan apa ya yang harus dihindari suami saya, dan juga supaya berat badannya bisa naik? (berat badan 54 kg dan tinggi badan 165 cm).

Vivi (Perempuan Menikah, 25 Tahun), ekaXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 160 Cm, Berat Badan 82 Kg

Jawaban

Halo Vivi,

Hasil liver function tests suami Anda (GGT, SGOT, SGPT) menggambarkan kondisi liver suami Anda. Penting untuk melihat POLA hasil cek darah, bukan hanya angka-angka semata. Jika hasilnya tinggi tapi menurun itu artinya baik, liver suami Anda mulai bekerja normal namun perlu waktu untuk bisa pulih dan menghasilkan hasil yang normal. Jika hasilnya selalu tinggi dan tidak turun-turun, mungkin penyakit liver suami Anda adalah tipe yang tidak bisa disembuhkan, hanya bisa 'ditenangkan' dan dicegah agar tidak semakin parah.

Perbaikan gizi dan lifestyle secara menyeluruh saya sarankan untuk suami Anda karena liver adalah organ penting yang bertugas menyaring dan membuang zat-zat berbahaya bagi tubuh, juga bertugas untuk menyimpan zat yang penting bagi tubuh (seperti menyimpan lemak dan karbohidrat).

Sangat baik jika suami Anda tidak merokok dan bukan peminum, ditambah makan sayur dan buah-buahan. Hal ini akan membantu pemulihan liver dan juga masalah kolesterol.

Untuk kolesterol, tentu yang harus diperhatikan adalah konsumsi lemak dan minyak terutama lemak jenuh. Batasi makanan yang digoreng, makanan cepat saji atau instant.

Sebisa mungkin masaklah sendiri makanan Anda di rumah menggunakan sedikit minyak (canola / sunflower / olive oil), direbus, dikukus, dibakar atau dipanggang. Pilih daging yang tidak berlemak atau buanglah lemak-lemak yang menempel sebelum dimasak.

Berat badan suami Anda sudah berada dalam 'healthy range' (BMI 19,8) sehingga tidak perlu menambah berat badan lagi. Harap diingat bahwa dengan problem kolesterol dan hati, sangat baik jika suami Anda tetap langsing sehingga tidak menambah problem dengan hal-hal lain seperti kelebihan berat badan, diabetes dll.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.


(ver/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit