detikhealth

Hidrasi Tak Harus Melulu dengan Air

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 07/06/2012 08:29 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Untuk mencegah dehidrasi, biasanya Anda disarankan untuk minum banyak air. Jika Anda berpikir mustahil untuk menenggak 8 gelas air setiap harinya, maka ada kabar gembira untuk Anda. Sebuah jurnal kesehatan publik Australia telah mendobrak mitos perlunya setiap orang minum 8 gelas air setiap hari hanya untuk mencegah dehidrasi.

Menurut jurnal tersebut, sebenarnya setiap orang bisa mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi hanya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, bahkan meski dari minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Hal ini berarti metode 'minum 8 gelas sehari' ini tidak lagi perlu direkomendasikan karena yang benar adalah minum air ketika merasa haus," jelas Madelyn Fernstrom, ahli diet terdaftar.

Memang tidak buruk jika Anda mengonsumsi 8 gelas cairan perhari namun hal ini belum dibuktikan secara ilmiah. Gagasan ini merupakan rekomendasi dari Food and Nutrition Board of the National Research Council pada tahun 1940-an yang menyatakan bahwa orang dewasa seharusnya mengonsumsi sekitar 2,5 liter air perhari.

"Tapi pernyataan kedua yang sering diabaikan adalah sebagian besar air yang Anda butuhkan justru berasal dari makanan Anda dan sayangnya laporan itu tidak didasarkan pada bukti-bukti yang kuat," terang Dr. Aaron Carroll, profesor pediatri dan direktur Children's Health Services Research, Indiana University School seperti dilansir dari MSNBC, Kamis (7/6/2012).

"Hanya saja beberapa tahun kemudian, seorang ahli gizi terkemuka bernama Dr Frederick Stare mengatakan hal serupa tentang kebutuhan minum 8 gelas air sehari, tetapi ia juga menambahkan bahwa kebutuhan itu bisa dipenuhi dengan kopi, teh, susu, minuman ringan atau bahkan bir. Bahkan menurutnya buah-buahan dan sayuran merupakan sumber air terbaik."

Tapi bukankah minum banyak air bisa menurunkan berat badan? Hal itu memang benar. "Minum air dengan volume tinggi telah terbukti bisa menekan nafsu makan, tetapi mengkonsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi seperti semangka, selada atau jeruk bali memberikan hasil penurunan berat badan lebih besar daripada sekedar menghindari lebih banyak makanan dan konsumsi air yang banyak," tulis editor Australia, Spero Tsindos dari departemen diet dan nutrisi manusia di La Trobe University, Victoria. Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit