detikhealth

1 Rokok Ganja Sama Bahayanya dengan 20 Rokok Tembakau

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 07/06/2012 11:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Banyak perokok yang ingin mengurangi kerusakan paru-parunya dengan berpindah ke rokok ganja karena rokok ganja dianggap lebih ringan efeknya terhadap paru-paru daripada rokok tembakau.

Dalam laporan yang dibuat sebuah badan amal dari Inggris juga disebutkan sepertiga orang masih berpikir bahwa ganja itu tidak berbahaya.

Padahal sebenarnya rokok ganja 20 kali lebih bersifat karsinogenik daripada rokok berbahan tembakau.

Laporan dari badan bernama British Lung Foundation tersebut menyatakan adanya 'ketidaksambungan yang mengkhawatirkan' antara persepsi publik terhadap obat yang dianggap aman dan 'dampak serius, bahkan fatal yang bisa saja dimiliki obat tersebut'.

Secara detail disebutkan bahwa hampir 9 dari 10 orang berpikir rokok tembakau lebih merusak kesehatan dibandingkan rokok ganja.

Dalam laporannya, badan amal ini juga melampirkan bukti ilmiah yang ada terkait dampak kesehatan dari merokok ganja.

Bukti yang kuat itu pun menunjukkan bahwa merokok ganja memang bisa memberikan kontribusi munculnya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan sistem pernafasan, termasuk kanker paru-paru, TBC dan bronkitis akut.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit