detikhealth

Terlahir Tanpa Bola Mata

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Kamis, 07/06/2012 12:30 WIB
Terlahir Tanpa Bola MataMarwanijun (dok. china news)
Xinjiang, China, Sebagai orangtua tentunya menginginkan anak yang lahir dengan normal dan dalam keadaan sehat. Tapi betapa hancurnya hati orangtua Marwanijun ketika melihat ia lahir tanpa mata. Kedua matanya bahkan terlihat rata karena tertutup oleh kulit.

Sejak lahir kedua soket mata Marwaniju sudah tertutup oleh kulit halus tanpa ada bola mata. Kini kedua matanya terlihat rata dengan kulit pipinya.

Namun belakangan dokter di China telah menemukan bahwa sebenarnya Marwaniju memiliki mata di bawah soket kirinya yang tertutup kulit, namun operasi tidak bisa dilakukan karena matanya tidak memiliki lensa.

Hal ini terungkap karena sejak usia 6 bulan Marwaniju sudah suka memainkan senter ke mata kirinya.

"Dia ingin sekali melihat cahaya dan kami berdoa setiap hari agar ia bisa melihat cahaya," jelas ayahnya, Madamihan (26 tahun), yang berasal di Xinjiang, China, seperti dilansir Dailymail, Kamis (7/6/2012).

Meski hancur, kini ada secercah harapan untuk penglihatan Marwaniju. Dokter menyarankan agar Marwaniju melakukan operasi mata buatan setelah ia mencapai usia 16 tahun.

Kejadian bayi lahir tanpa mata bukanlah untuk pertama kalinya di dunia. Ada berbagai alasan yang membuat bayi lahir tanpa mata.

Awal bulan ini, seorang ibu bernama Lacey Buchanan membuat video yang menyentuh hati tentang anaknya Christian. Christian tidak memiliki mata karena menderita tessier cleft (sumbing cleft), yaitu kondisi sumbing langka dan parah yang mempengaruhi berbagai area di wajah, seperti hidung, mulut, mata dan rahang.

Pada tahun 2010, Brielle Garrison putri dari Taylor Garrison, lahir dengan kondisi langka yang menyebabkan soket matanya benar-benar tidak memiliki jaringan.





(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit