detikhealth

Apakah USG Sebabkan Autisme pada Bayi?

Linda Mayasari - detikHealth
Kamis, 07/06/2012 14:30 WIB
(Foto: ThinkStock)
Jakarta, USG merupakan cara yang paling sering digunakan dalam memeriksa kondisi janin dalam perut ibu hamil dan juga untuk memprediksi jenis kelaminnya. Tetapi apakah USG benar-benar aman bagi perkembangan otak janin?

Para peneliti telah lama mempelajari alat ultrasonografi atau yang dikenal dengan USG kaitannya dengan faktor risiko terhadap perkembangan otak janin bahkan autisme, seperti dilansir dari sheknows, Kamis (7/6/2012).

Dr. Manny Casanova dari University of Louisville bersama dengan rekannya Emily Williams mempelajari sonografi dan dampaknya terhadap sel. Meskipun tidak mengklaim bahwa sonografi berisiko terhadap autisme, Dr. Casanova berpendapat bahwa kemajuan tekonologi USG terbaru dan jumlah pemeriksaan dengan USG yang terlalu dini mungkin perlu diselidiki mengingat semakin banyaknya kasus autisme.

USG menggunakan gelombang suara yang biasanya digunakan untuk menghasilkan gambar struktur internal (seperti janin) serta mempromosikan pertumbuhan sel, melebarkan pembuluh darah dan membantu proses bedah saraf.

Gelombang suara inilah yang masih diperdebatkan apakah dapat mempengaruhi perkembangan otak embrio atau janin. Dr. Casanova memperingatkan kepada wanita hamil untuk membatasi tes USG pada trimester pertama kehamilan kecuali benar-benar diperlukan, setidaknya sampai usia kehamilan yang lebih tua.

Tetapi banyak orang merasa bahwa manfaat dari USG lebih besar daripada potensi risikonya. Teori mengenai hal ini dapat menyebabkan kekhawatiran yang tidak semestinya pada calon ibu. Teori ini masih perlu didukung oleh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

Beberapa orang setuju dengan pemikiran para ilmuwan akan hubungan antara eksposur USG yang berlebihan dengan gangguan pada otak bayi berdasarkan pengetahuan dan penelitian sebelumnya. Sehingga mungkin bukan ide buruk untuk membatasi pemeriksaan dengan menggunakan USG.

USG harus digunakan sebagai alat diagnostik untuk keperluan yang benar-benar penting saja. USG yang digunakan hanya untuk bersenang-senang mungkin harus dibatasi sampai ada penelitian lebih lanjut yang menyatakan bahwa USG benar-benar aman dan tidak menimbulkan risiko terhadap masalah kesehatan janin.




(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit