detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Anak Alergi Obat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kamis, 07/06/2012 15:18 WIB
(Foto: Thinkstock)
Dok, anak saya alergi terhadap obat-obatan, setiap kali minta obat resep dokter, selalu matanya bengkak. Sudah ganti obat yang lain tetapi masih tetap alergi. Apa yang harus saya lakukan dok? Apakah ada obat meringankan alergi anak saya, umur anak saya 3,5 tahun. Terimakasih dok.

Nila (Perempuan Menikah, 30 Tahun), nilaXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 44 Kg

Jawaban

Alergi obat merupakan hal yang dapat terjadi pada semua anak. Yang perlu orangtua perhatikan selain merek obat juga kandungan obatnya, karena bisa saja merek berbeda tetapi kandungan obatnya sama.

Pencatatan jenis dan merek obat adalah hal yang paling tepat dilakukan orangtua, dan apabila berobat ke dokter jangan lupa untuk memberitahukan alergi obat apa saja yang pernah dialami.

Penatalaksanaan alergi baik obat maupun makanan tergantung dari reaksi alergi yang terjadi, bisa ringan (gatal-gatal, merah di kulit, bentol-bentol) hingga berat (syok, sulit bernapas). Untuk hal ini disarankan orangtua agar segera membawa anaknya ke dokter terdekat, dan terpenting ibu mencatat setiap makananan atau kandungan obat pencetus alergi pada anak.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit