detikhealth

Ciuman yang Sehat Bisa Cegah Keriput di Wajah

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 08/06/2012 19:01 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Ciuman dengan pasangan yang resmi tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bikin Anda awet muda. Penelitian telah menunjukkan bahwa ciuman memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mencegah keriput dan garis-garis halus di wajah.

"Ciuman dapat membantu mengencangkan otot pipi dan rahang," kata seorang konsultan kebugaran, Claire Potter, seperti dilansir HealthArticles, Jumat (8/6/2012).

Salah satu efek positif ciuman adalah melenturkan otot-otot wajah, mencegah keriput dan merangsang sirkulasi darah sehingga menghilangkan tanda-tanda kelelahan di wajah.

Hal ini bisa terjadi karena dalam satu ciuman sederhana saja wajah harus melibatkan 29 otot. Itulah sebabnya ciuman disarankan untuk mencegah timbulnya keriput dan tanda-tanda penuaan di wajah.

Tak hanya itu, ciuman yang sehat juga bisa membantu mencegah kerusakan gigi. "Setelah makan, mulut biasanya penuh dengan larutan gula dan air liur (saliva) menjadi lebih asam, sehingga menyebabkan pembentukan plak. Ciuman adalah proses pembersihan secara alami. Ciuman dapat merangsang aliran air liur dan membawa tingkat plak dalam nilai normal," jelas Dr Peter Gorden, seorang Dental Advisor dari British Dental Association.

Jantung dapat berdetak lebih kencang dan memompa darah lebih baik ketika berciuman. Saat berciuman maka adrenalin akan dilepaskan ke dalam aliran darah dan jantung memompa darah lebih baik ke seluruh tubuh.

Hal ini dapat membantu tubuh dalam mengurangi ketegangan dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.


(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit