detikhealth

Kebiasaan Sehat Agar Tak Diserang Migrain

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Sabtu, 09/06/2012 09:08 WIB
Kebiasaan Sehat Agar Tak Diserang Migrain(Foto: thinkstock)
Jakarta, Migrain adalah penyakit umum bagi banyak orang. Ini merupakan masalah kesehatan yang dihadapi oleh lebih dari 10 persen dari populasi duni. Agar tak diserang, ada beberapa kebiasaan sehat yang Anda lakukan.

Ada banyak cara untuk menyembuhkan sakit kepala migrain, tapi tidak bekerja secara permanen. Setelah beberapa hari, lsakit kepala sebelah ini lagi-lagi akan menyerang.

Diyakini diet yang baik dan sehat dapat menyembuhkan migrain secara alami. Namun, gaya hidup atau kebiasaan tidak sehat bisa memicu sakit kepala tersebut. Jadi, ada beberapa tips yang perlu diingat untuk hidup sehat.

Berikut beberapa kebiasaan hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulkan serangan migrain, seperti dilansir boldsky, Sabtu (9/6/2012):

1. Makan tepat waktu
Melewatkan makan karena alasan apapun dapat mempengaruhi kesehatan dalam banyak cara. Jika Anda menderita migrain dan diet pada saat yang sama, jangan melakukan kesalahan dengan melewatkan makan akan membantu kehilangan lemak tubuh yang ekstra.

Hal ini akan berakhir dengan peningkatkan kadar gula darah dan pada akhirnya dapat menyebabkan migrain. Selain itu, keasaman lambung mempengaruhi otak dan menyebabkan sakit kepala. Untuk menghindarinya, makan tepat waktu dan teratur. Jangan melewatkan makan atau makan terlalu sedikit.

2. Olahraga
Tubuh yang sehat menghasilkan pikiran yang sehat. Untuk tetap fit dan aktif, Anda harus berolahraga secara teratur. Hal ini juga membantu menghindari serangan migrain.

3. Tidur yang cukup
Terlalu banyak tidur atau kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh Anda. Tidurlah yang cukup untuk menghindari sakit kepala migrain. Idealnya, orang dewasa sebaiknya tidur selama 6-7 jam dan tidak lebih dari 9 jam sehari. Pertahankan jadwal tidur untuk hasil yang lebih baik.

4. Berhenti merokok
Merokok atau minum alkohol dapat meningkatkan serangan migrain. Jika Anda berpikir merokok dapat membantu mengatasi sakit kepala, cobalah pikirkan lagi.

Nikotin tidak hanya menyebabkan radang di tenggorokan dan paru-paru, tetapi juga membuat Anda kecanduan. Alkohol mengandung tyramine yang memicu migrain. Bila dikonsumsi berlebihan, alkohol dapat menyebabkan sakit kepala dan mabuk.





(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit