detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Gangguan yang Bikin Pasangan Susah Punya Anak

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Minggu, 10/06/2012 16:00 WIB
Halaman 1 dari 3
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Bagi pasangan yang baru saja menikah, kehadiran seorang bayi dalam rumah tangga adalah hal yang sangat dinanti-nanti. Sayangnya, tidak semua pasangan bisa segera dianugerahi momongan meskipun sudah berupaya setiap hari. Bisa jadi pasangan bermasalah dengan kesuburannya.

Ketidaksuburan atau infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil setelah mencoba selama 6 - 12 bulan. Penyebabnya ada banyak, mulai dari gaya hidup, pola makan hingga gangguan fisik. Pertambahan usia membuat tingkat ketidaksuburan juga semakin meningkat.

Seperti dilansir USNews.com, Minggu (10/6/2012), berikut adalah beberapa hal yang berisiko mengganggu kesuburan.

1. Olahraga terlalu berat
Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Fertility and Sterility menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan normal yang melakukan olahraga berat seperti lari, berenang dan aerobik selama 5 jam atau lebih dalam seminggu memiliki kemungkinan 42 persen lebih kecil untuk hamil dibandingkan wanita yang tidak berolahraga sama sekali.

"Olahraga berat dapat mempengaruhi ovulasi dan mengganggu siklus menstruasi. Kelenjar pituitari menafsirkan olahraga berat sebagai waktu yang kurang optimal bagi tubuh untuk bereproduksi dan mengirim sinyal ke ovarium untuk tidak berovulasi," kata Jessica Scotchie, ahli endokrinologi reproduksi di Chattanooga, Tennesse.

Para peneliti juga menambahkan bahwa olahraga ekstrim dapat mempengaruhi implantasi, kemampuan sel telur untuk dibuahi. Namun penelitian ini tidak menganalisis faktor tersebut pada pria. Beberapa dokter mengatakan efeknya pada pria tidak jauh berbeda. Olahraga yang kurang intensif seperti berjalan, bersepeda santai dan adalah yang paling baik.

2. Kebanyakan minum kopi
"Ada hubungan antara asupan kafein berlebih dan infertilitas, keguguran dan komplikasi kehamilan," kata Serena Chen, direktur pengobatan reproduksi di Saint Barnabas Medical Center di Livingston, New Jersey.Next

Halaman 1 2 3
(pah/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit