detikhealth

Doctor's Life

Dr Budi Iman Santoso si Dokter by Request

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 11/06/2012 10:29 WIB
Halaman 1 dari 3
Dr Budi Iman (dok. detikHealth)
Jakarta, Jalan hidup orang memang sudah ditentukan oleh Tuhan, Sang Pencipta. Begitu yang diyakini oleh Dr. dr. Budi Iman Santoso, SpOG(K). Meski tak sesuai dengan cita-citanya, namun sekarang Dr Budi sukses menjadi dokter kandungan handal, semua karena by request.

"Saya tidak terinspirasi, jadi saya masuk kedokteran karena waktu itu diminta oleh orangtua. Keinginan saya waktu itu bukan jadi dokter tapi insinyur," ujar Dr. dr. Budi Iman Santoso, SpOG(K), saat berbincang dengan detikHealth di FKUI, Jakarta, seperti ditulis Senin (11/6/2012).

Setelah lulus S1 FKUI dan menjadi seorang dokter, untuk mengambil bidang spesialis pun sepertinya karena kebetulan. Dr Budi memilih Obstetri dan Ginekologi karena menurutnya pada waktu itu bidang tersebut sedang lowong, sehingga ia pun melanjutkan menjadi dokter obgin atau dokter kandungan.

Lagi-lagi, untuk menjadi staf pengajar di FKUI pun ia diminta oleh guru besarnya, bukan karena keinginan sendiri. Begitu pula ketika masuk ke subspesialis Uroginekologi Rekonstruksi, saat itu ia diminta oleh profesornya.

"Semua by request. Jadi memang kalau nasib itu semua di tangan Allah," lanjut dokter yang kini menjabat sebagai Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM.

Bersahaja dan ikhlas memang sudah menjadi moto hidup dari ayah 3 anak ini. Hal ini terbukti ketika ia menjalani tugas inpres di daerah terpencil di Timor Timur, pada tahun 1980.

Lahir dan besar di ibukota, Jakarta, tak membuatnya menjadi manja oleh fasilitas. Meski ditugaskan di daerah terpencil di bekas provinsi ke-27 Indonesia, yang sulit air, tak ada listrik dan jauh dari pasar, Dr Budi membuktikan bahwa dirinya bisa mendapatkan gelar Dokter Teladan.Next

Halaman 1 2 3
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit