detikhealth
Konsultasi Penyakit Dalam
Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD

Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD adalah Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525. (Periode konsultasi: 24 Mei 2012 hingga 10 Juli 2012).

Bagaimana Agar Bronkitis pada Ibu Hamil Tidak Kambuh?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 11/06/2012 11:41 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dok, saya suami 29 tahun dan istri saya 30 tahun, baru menikah 6 bulan. Sekarang istri saya sedang hamil tapi dia mempunyai penyakit lama yang sering kambuh yaitu bronchitis. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana pengobatan bronchitis pada hamil dan bagaimana pengobatan penyakit tersebut agar tidak kambuh lagi di masa mendatang? Terima kasih.

Fajrie (Pria Menikah, 29 Tahun), fajrie_xxx@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban:

Bronkitis kronis yaitu batuk-batuk hampir setiap hari disertai pengeluaran dahak sekurang-kurangnya 3 bulan dalam satu tahun dan terjadi paling sedikit selama 2 tahun berturut-turut. Ada beberapa penyakit yang memberikan gejala yang sama, antara lain: tuberculosis paru, bronkoektasis, tumor paru dan asma bronkial. Karena itu penyakit tersebut harus di singkirkan terlebih dahulu.

Ada 3 faktor yang mempengaruhi timbulnya bronkitis kronis yaitu rokok, infeksi saluran nafas dan polusi.

1. Rokok adalah penyebab utama timbulnya bronkitis kronis karena rokok berhubungan dengan hyperplasia kelenjar mukos bronkus dan metaplasia epitel skuamus saluran nafas, rokok juga menghambat aktifitas sel rambut getar, makrofag alveoar dan surfaktan.

2. Infeksi pernafasan bagian atas pada pasien bronkitis kronis hampir selalu menyebabkan infeksi paru bagian bawah sehingga menyebabkan kerusakan paru bertambah.Next

Halaman 1 2
(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit