detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Nafsiah Mboi, sang Menteri Kesehatan Baru

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 13/06/2012 11:30 WIB
Halaman 1 dari 4
Nafsiah Mboi (dok: KPA)
Jakarta, Gayanya energik dan tetap lincah meski usianya tak lagi muda. Jika berbicara masalah kesehatan masyarakat terutama HIV AIDS, semangatnya masih menggebu-gebu. Dialah Nafsiah Mboi yang baru saja diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Menteri Kesehatan.

"Posisi menteri kesehatan saya percayakan kepada dr. Nafsiah Mboi, DSpA, MPH. Saya melihat kemampuan, pengalaman dan pengabdian beliau di waktu lalu yang berkomitmen kerja nyata untuk memajukan kesehatan masyarakat," kata Presiden SBY dalam pengumumannya di Istana Bogor, Rabu (13/6/2012).

Kepedulian Nafsiah pada kesehatan masyarakat sudah dilakukannya sejak lama, mulai dari lulus Fakultas Kedokteran UI kemudian menjadi dokter sukarelawan dwikora sampai kini menjadi sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional.

Perempuan 3 anak ini juga namanya sangat erat di hati masyarakat Nusa Tenggara Timur. Ini karena suaminya Benedictus Mboi yang akrab disapa Ben Mboi, pernah menjadi Gubernur Nusa Tenggara Timur selama 1 dekade pada 1978-1988.

Nafsiah diangkat menjadi Menteri Kesehatan setelah menteri sebelumnya Endang Rahayu Sedyaningish meninggal pada 2 Mei 2012 karena sakit kanker paru.

Dengan ditunjuknya Nafsiah sebagai Menkes baru, kementerian ini diisi terus oleh menteri perempuan yaitu Siti Fadilah Supari dan Endang Rahayu Sedyaningsih. Ketiga perempuan ini semuanya berprofesi dokter, Siti adalah dokter spesialis jantung, Endang dokter di spesialisasi kesehatan masyarakat dan Nafsiah di spesialisasi anak.

Nafsiah sendiri memang sudah berkali-kali menjadi kandidat Menteri Kesehatan, namun baru kali ini saat usianya sudah senja kesempatan itu datang.Next

Halaman 1 2 3 4
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit