detikhealth

'World No Tobacco Day Award' dari WHO untuk Endang Sedyaningsih

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Rabu, 13/06/2012 14:26 WIB
(dok. detikHealth)
Jakarta, Setelah mendapatkan penghargaan dari Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, kini kegigihan dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr, PH dalam mengendalikan tembakau juga mendapatkan apresiasi yang besar dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Alm. dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr, Ph menerima penghargaan World No Tobacco Day yang diserahkan oleh Perwakilan WHO untuk Indonesia, dr. Khancit Limpakarjanarat dan diterima secara resmi oleh Pelaksana Tugas Menteri Kesehatan, Prof. dr. Ali Gufron Mukti, MSc, Ph.D, di Gedung Kementerian Kesehatan.

WHO memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan dan kepemimpinan Almarhumah dalam upaya menerapkan kebijakan yang menjamin masyarakat hidup dalam lingkungan sehat dan terhindar dari bahaya asap rokok.

"Di tengah perjuangan membela kesehatan masyarakat dan melindungi generasi muda Indonesia, kami menyaksikan komitmen dan konsistensi kebijakan kesehatan di bahwa pimpinan almarhumah Ibu Menteri Endang," ujar dr. Khancit Limpakarjanarat, Perwakilan WHO untuk Indonesia, dalam acara Penyerahan WHO World No Tobacco Day Award untuk Alm Mantan Menkes Endang Sedyaningsih di Kantor Kemenkes, Jakarta, Rabu (13/6/2012).

Menurut dr. Khancit, dukungan alm. Endang bermula dengan kehadiran dan komitmennya yang dinyatakan pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2010 di kota Padang Panjang. Saat itu, alm. Endang menerimakan penghargaan WHO Regio Asia Tenggara kepada Walikota Padang Panjang atas prestasi mengembangkan kawasan tanpa rokok dan mengeliminasi iklan rokok di kota itu.

Sejak itu, konsistensi kebijakan alm. Endang dinyatakan dalam berbagai peristiwa. Diantaranya yang meyakinkan WHO adalah upaya alm. Endang memimpin langsung perjuangan menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengendalian Dampak Tembakau sebagai zat adiktif terhadap kesehatan masyarakat, sebagaimana tercantum dalam UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

"Terimakasih sebesar-besarnya pada WHO dan tentu juga kepada yang lain, yang telah mengupayakan sehingga sekali lagi jerih payah dan tauladan dari beliau (alm Endang) bisa diteruskan oleh Kementerian Kesehatan dan para penggiat aktifis anti rokok," ujar Prof. dr. Ali Gufron Mukti, MSc, Ph.D.





(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close