detikhealth

Kiat Agar Kuat Bekerja Lembur

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 13/06/2012 19:29 WIB
Kiat Agar Kuat Bekerja Lemburilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Ada kalanya pekerjaan di kantor menyita begitu banyak waktu dan energi sehingga harus bekerja lembur. Bekerja di luar jam kerja memicu tubuh mengeluarkan tenaga di luar dari kebiasaannnya dan rentan memicu kelelahan.

Ketika tubuh benar-benar merasa lelah namun keadaan tidak memungkinkan untuk beristirahat, ada beberapa hal yang dapat mempermudah menjalani hari. Tujuannya adalah untuk memberikan energi ekstra dan menghindari hal dapat yang membuat rasa lelah bertambah parah.

Seperti dilansir Gizmodo, Rabu (13/6/2012), berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap bertenaga saat lembur.

1. Perhatikan Jumlah Asupan Makanan dan Minuman
Ketika merasa lelah, seringkali orang malas makan. Padahal tubuh perlu mendapat asupan makanan yang cukup untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. Tetapi pastikan agar tidak makan berlebihan karena justru bisa membuat keadaan bertambah buruk.

Kelelahan membuat orang sulit mengetahui kapan saatnya berhenti makan. Jangan menunggu sampai perut memberi sinyal kenyang, tapi perhatikan porsi makanan yang ada di piring. Ambillah makanan secukupnya dan jangan berlebihan. Jangan lupa minum air agar tidak dehidrasi.

2. Memilih Makanan yang Tepat
Mulailah dengan memilih makanan yang menyehatkan. Hindari makanan manis dan pilihlah makanan seperti telur dan biji-bijian. Utamakan memakan protein dan serat, bukan karbohidrat. Fokuslah pada makanan sehat yang dapat memberikan tubuh energi dengan mudah.

3. Olahraga Sebentar Agar Peredaran Darah Lancar
Tidak semua olahraga bisa membuat tubuh terjaga. Beberapa latihan fisik akan menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk terus beraktifitas. Melakukan olahraga sebentar dapat membantu menjaga peredaran darah dan membantu tubuh tetap waspada ketika merasa lelah. Pilihan termudah adalah push-up.

Lakukan push-up sebanyak 3 set dengan jeda 30 detik. Olahraga ringan ini tidak akan menyebabkan tubuh banyak berkeringat, namun sudah cukup membuat tubuh terjaga.

4. Bekerja Sambil Berdiri
Duduk sepanjang hari memang berakibat buruk bagi kesehatan, tetapi orang terbiasa bekerja di kursi karena lebih nyaman. Ketika merasa lelah, rasa nyaman akan membuat tubuh cepat tertidur. Maka, sebaiknya bekerja dalam posisi berdiri. Awalnya mungkin tidak terasa begitu nyaman, tapi lama kelamaan akan terbiasa.

5. Cerdas Meminum kafein
Kopi adalah senjata yang umum digunakan orang agar tetap terjaga ketika merasa lelah. Tapi, terlalu banyak minum kopi dapat membuat sakit kepala. Jika sudah sering meminum kopi, meminum kopi tidak akan membantu tubuh tetap terjaga. Kafein hanya benar-benar berguna jika digunakan dengan hemat dan cerdas.

Untuk orang yang jarang mengkonsumsi kopi, awalnya sebaiknya meminum sekitar 65 - 100 mg kopi. Otak secara aktif terus-menerus memproduksi adenosin sebagai produk sampingan. Ketika kadar adenosin cukup tinggi, otak akan tahu kapan saatnya beristirahat. Kafein mengikat reseptor adenosin dan menunda otak mengirimkan sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Cara ini tidak akan manjur pada orang yang secara teratur minum kafein. Yang penting untuk diingat adalah jangan minum kafein saat dini hari sebab akan menyebabkan sulit tidur nantinya. Minumlah kopi paling lambat sebelum pukul 2:00.

6. Rencanakan Waktu Tidur Siang dengan Baik
Tidur siang selama 20 menit keesokan harinya sudah cukup untuk membuat tubuh kembali berenergi. Tidur siang pada waktu yang salah dapat mengganggu jam biologis. Waktu paling ideal untuk tidur siang adalah antara pukul 13.00 sampai 15.00.





(pah/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit