8 'Jalan Pintas' Sehat yang Bekerja Nyata untuk Anda

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 15/06/2012 09:43 WIB
Halaman 1 dari 4
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Yang namanya jalan pintas biasanya tidak baik dan hanya bermanfaat untuk jangka pendek. Namun kalau urusan kesehatan, 8 'jalan pintas' ini berbeda. Ke-8 trik ini ternyata sangat bermanfaat untuk Anda. Meski trik-triknya sederhana, kesemuanya bisa menjaga kesehatan tubuh Anda setiap harinya, apalagi jika Anda rutin melakukannya.

Untuk lebih jelasnya, simak 8 'jalan pintas' yang sehat dan bermanfaat bagi Anda ini seperti dikutip dari foxnews, Kamis (14/6/2012).

1. Aktivitas kardiovaskular
Idealnya: Lakukan 30 menit setiap hari selama seminggu. Para dokter bedah menyarankan aktivitas ini karena membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat), meningkatkan HDL (kolesterol baik), meningkatkan kesehatan jantung hingga mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

Trik terbaik lainnya:
• Berjalan kakilah tiga kali sehari masing-masing selama 10-menit. Menurut kata Cris Slentz, Ph.D., seorang ilmuwan peneliti senior di Duke University Medical Center, Durham, North Carolina, gerakan singkat memiliki manfaat kesehatan yang nyata. Dengan asumsi intensitas aktivitas selama 30 menit itu sama setiap harinya maka Anda juga akan membakar jumlah kalori yang sama dan mendapatkan manfaat bagi kesehatan jantung.
• Ambil 10 menit dari jam makan siang Anda untuk melakukan jalan cepat.
• Memilih menggunakan anak tangga beberapa kali sehari daripada menggunakan elevator.
• Mengajak anjing Anda sebagai teman untuk jalan-jalan.

2. Buah dan Sayuran Segar
Idealnya: Makanlah 5-9 porsi buah dan sayuran segar setiap harinya. Makanlah buah dan sayuran itu seperti mendapatkah hadiah dan Anda akan mendapatkan banyak nutrisi dan serat, saran Claudia Gonzalez, seorang ahli diet terdaftar di Miami.

Trik terbaik lainnya:
• Cobalah buah kering yang kaya vitamin dan sebungkus saus apel (saus apel memiliki serat lebih sedikit daripada apel segar tetapi masih mengandung beberapa vitamin C).
• Gunakan buah beku dan smoothie buah yang jumlahnya sama dengan tiga porsi buah.
• Cobalah buah kalengan. Sayuran dan kacang sup adalah sumber serat yang baik dan nutrisinya sama kayanya dengan produk segar, terang Gonzalez.
• Teruskan mengonsumsi multivitamin jika Anda masih merasa asupan buah dan sayuran Anda sedikit. Multivitamin dapat menutupi kebutuhan nutrisi kunci Anda.

3. Tidur
Idealnya: Tidurlah setidaknya 7 jam setiap malam. Kurang tidur dapat berdampak besar pada kesehatan Anda.Next

Halaman 1 2 3 4
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit