detikhealth

Cukup Dua Kebiasaan Mudah Ini Agar Badan Tetap Sehat

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Sabtu, 16/06/2012 08:11 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Agar tetap sehat, sebenarnya orang tak perlu direpotkan dengan berbagai olahraga atau diet. Cukup 2 kebiasaan ini mudah ini agar badan selalu sehat yakni jangan banyak duduk dan konsumsi buah dan sayuran.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengubah 2 kebiasaan tertentu sudah sangat meningkatkan kondisi kesehatan yaitu:
1. Jangan banyak duduk
2. Banyaklah makan buah serta sayuran.

"Orang yang memiliki perilaku tidak sehat berisiko mengalami kanker dan penyakit jantung, tetapi sulit sekali mengubah kebiasaan tak sehat tersebut menjadi kebiasaan sehat," kata peneliti, Bonnie Spring, profesor kedokteran di Northwestern University Feinberg School of Medicine seperti dilansir myhealthnewsdaily.com, Sabtu(16/6/2012).

Dalam laporan yang penelitian yang dipublikasikan jurnal Archives of Internal Medicine, peneliti menemukan bahwa kelompok yang diminta mengurangi kebiasaan duduk dan memperbanyak makan buah serta sayuran mendapat manfaat kesehatan yang paling besar.

Kelompok yang diminta untuk 'banyak berolahraga dan mengurangi makanan berlemak' cenderung berolahraga lebih banyak dari waktu ke waktu dan menurunkan asupan kalori harian yang berasal dari lemak sebanyak 11,4 sampai 9,1 persen. Namun kelompok ini hanya sedikit mengurangi waktunya untuk duduk dan tidak begitu banyak makan buah serta sayuran.

Di sisi lain, kelompok yang diminta 'mengurangi duduk dan makan banyak buah serta sayuran' kemudian menjadi banyak berolahraga seperti halnya orang yang diminta untuk banyak berolahraga. Peserta kelompok ini juga kemudian mengurangi konsumsi makanan berlemak meskipun tak diminta menurunkan asupan lemak

Para peneliti menyimpulkan, mengurangi kebiasaan duduk dan makan lebih banyak buah serta sayuran pada akhirnya akan membatasi asupan makanan berlemak serta memicu orang untuk banyak berolahraga.

"Kami menemukan bahwa orang bisa membuat perubahan yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat dan melestarikan kebiasaannya," kata Spring.



(pah/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit