detikhealth

Ini yang Bikin Orang Gemuk Gampang Ngorok

Vera Farah Bararah - detikHealth
Sabtu, 16/06/2012 15:59 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Mengorok saat sedang tidur bisa dialami oleh siapa saja. Tapi umumnya orang yang bertubuh gemuk lebih rentan mengalami ngorok atau mendengkur ketika tidur. Kenapa bisa begitu?

Ada banyak penyebab orang mendengkur saat tidur, bisa akibat masalah sepele tapi kadang juga menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. Diperkirakan hampir setengah dari orang dewasa mendengkur.

Mendengkur atau ngorok ini disebabkan oleh bagian tenggorokan yang menyempit dan udara yang akan lewat atau masuk berlebihan, seperti dikutip dari Mayoclinic, Sabtu (16/6/2012).

Salah satu penyebab paling sering orang mengorok adalah akibat obesitas dan kegemukan. Pada orang gemuk jaringan yang berlebihan bisa menyempitkan bagian tenggorokan sehingga ngorok lebih mungkin terjadi.

Selain itu orang gemuk cenderung memiliki lemak tubuh yang terlalu banyak, dan beberapa lemak ini terkumpul di bagian tubuh tertentu seperti di leher dan juga daerah tenggorokan.

Lemak yang ada di leher dan tenggorokan akan menyempitkan saluran udara sehingga sulit untuk mengatur napas. Ketika seseorang berbaring, posisi tubuhnya akan makin mempersempit saluran udara, sehingga mendengkur jadi bagian dari tubuh karena berusaha mengambil oksigen.

Serta peningkatan lemak juga mempengaruhi jaringan otot yang baik menjadi kehilangan massa otot dan jaringan di tenggorokan menjadi kendur sehingga lebih mudah untuk mendengkur.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit