detikhealth

Pekerjaan Rumah Tangga Membuat Wanita Lebih Stres

Linda Mayasari - detikHealth
Senin, 18/06/2012 08:32 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Siapakah yang lebih rentan terhadap stres, pria atau wanita? Wanita lebih rentan terhadap stres daripada pria, dan hal ini lebih banyak dipengaruhi oleh pekerjaan rumah tangga.

Penelitian baru menunjukkan bahwa pekerjaan rumah tangga, besar gaji dan ketidaksetaraan gender dalam hubungan akan memperburuk stres pada wanita. Meskipun pria dan wanita sama-sama bekerja di luar sana, tetapi perasaan wanita lebih terbebani dengan tugas-tugas rumah tangga yang perlu dikerjakan,

Para peneliti mengumpulkan data dari tahun 1986 sampai 2007 terhadap 371 wanita dan 352 pria dari Cohort, Swedia Utara. Sebanyak 85 persen wanita yang terlibat dalam studi ini memiliki posisi sosial ekonomi yang sama dengan pasangannya serta memiliki tanggung jawab lebih dari setengah pekerjaan rumah tangga.

Peserta studi diminta mengisi kuesioner tentang hubungannya, tanggung jawab pekerjaan rumah tangga, status sosial ekonomi diri dan pasangannya, dan tingkat tekanan psikologis yang diukur dengan berapa kali peserta merasa gelisah, tidak mampu berkonsentrasi, atau khawatir dan gugup.

"Pekerjaan rumah tangga adalah kegiatan yang sifatnya sangat gender. Wanita cenderung memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada pria. Ketidaksetaraan dalam pekerjaan rumah tangga yang tidak melibatkan kesetaraan gender, dikaitkan dengan tekanan psikologis," tulis para peneliti, seperti dilansir dari msn, Senin (18/6/2012).

Pada studi tersebut, lebih dari 56 persen wanita menyatakan melakukan lebih dari setengah dari pekerjaan rumah tangga, sedangkan pria yang menyatakan demikian hanya 10 persen. Sekitar 14 persen wanita dan 9 persen pria sisanya menyatakan bahwa dirinya melakukan semua pekerjaan rumah tangga.

Stres karena jumlah pekerjaan rumah tangga yang dilakukan wanita juga tergantung pada beberapa faktor dalam hubungan. Peneliti menyatakan bahwa jika ketidaksetaraan menjadi masalah juga dalam hubungan rumah tangga, pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan akan terasa lebih berat.

Sebagian besar wanita dalam studi tersebut memiliki posisi dan gaji yang rendah darpiada pria, yang juga membuatnya lebih tertekan daripada pria. Studi ini dipublikasikan tanggal 13 Juni dalam jurnal PLoS ONE.



(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit