detikhealth

Doctor's Life

dr Rahmi Alfiah, Ahli Radiologi yang Tak Takut Paparan Radiasi

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 18/06/2012 09:59 WIB
Halaman 1 dari 4
dr Rahmi (dok: detikHealth)
Jakarta, Kebanyakan dokter radiologi yang ditemui adalah laki-laki. Tapi tidak bagi dr Rahmi Alfiah Nur Alam, SpRad, sebagai perempuan ia tidak takut dengan paparan radiasi karena tahu sudah dilengkapi oleh perangkat pelindung.

"Untuk radiasinya ada protektor ada baju apron yang seperti orang mau ke luar angkasa, kemudian tiap bulan juga kita dihitung lagi berapa paparan radiasinya sehingga kita bisa aware," ujar dr Rahmi Alfiah Nur Alam, SpRad saat ditemui detikHealth beberapa waktu silam dan ditulis Senin (18/6/2012).

dr Rahmi menuturkan saat akan melakukan pemeriksaan ia akan menggunakan baju apron dan pakai pelindung tiroid untuk mencegah radiasi terhadap tiroid karena bisa mengganggu hormonitas di dalam tubuh.

"Saya tidak takut dengan radiasi dan sekarang saya sudah punya anak 1 perempuan berusia 10 tahun," ujar dokter yang menyelesaikan pendidikan spesialis radiologi di Universitas Airlangga, Surabaya pada tahun 2009.

dr Rahmi mengungkapkan pilihannya untuk menjadi dokter spesialis radiologi mungkin memang sudah rencana Tuhan. Tapi ada 1 hal yang menjadi pemicunya, yaitu ketika ia waktu masih sekolah dulu ketika melakukan pemeriksaan USG ia merasa takjub.

"Saya melihat kok ada imaging atau dunia lain yang bisa menjawab, dimensi lain yang bisa melihat selain mata dan kulit untuk meraba. Dan dengan kemajuan teknologi yang dikombinasi dengan knowledge ternyata kita bisa membantu menegakkan diagnosis untuk klinis lain," ungkapnya.

Dokter spesialis radiologi harus mempelajari seluruh tubuh harus tahu bagaimana anatomi, patofisiologi dan fisiologis sehingga permintaan dari klinis (dokter) lain terjawab, mana yang normal dan tidak sehingga membantu pembentukan diagnosa. Dengan diagnosis yang tepat, dokter bisa memberikan terapi yang tepat dan benar.Next

Halaman 1 2 3 4
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close