detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Ini Dia Penyebab Orang Kehilangan Kontrol

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Rabu, 20/06/2012 12:32 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Pasti Anda merasa bingung bila melihat keluarga atau teman Anda mendadak marah-marah dan membanting atau melempar sesuatu untuk mengungkapkan kemarahannya. Itulah yang disebut kehilangan kontrol. Namun hingga kini belum pernah ditemukan penjelasan ilmiah mengenai kondisi tersebut.

Studi yang dilakukan oleh pakar saraf dan neuro-marketing dari University of Iowa, William Hedgcock ini telah mengkonfirmasi penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa pengendalian diri adalah komoditas terbatas yang bisa habis jika digunakan.

Namun studi inilah yang pertama menunjukkan kondisi kehilangan kontrol dilihat dari otak. Dengan menggunakan foto fMRI, otak seseorang dipindai ketika melakukan kontrol diri. Gambarnya menunjukkan anterior cingulate cortex (ACC), bagian dari otak yang mengenali situasi dimana pengendalian diri diperlukan dan dorsolateral prefrontal cortex (DLPFC), bagian dari otak yang mengelola pengendalian diri.

Menurut Hedgcock, hilangnya aktivitas di DLPFC-lah yang menyebabkan seseorang kehilangan atau kehabisan pengendalian diri.

Peneliti mengumpulkan gambar-gambar otak itu dengan menempatkan partisipan dalam scanner MRI kemudian meminta partisipan melakukan dua tugas pengendalian diri. Yang pertama mengabaikan kata-kata yang muncul di layar komputer sedangkan yang kedua menentukan pilihan dari beberapa opsi yang ditawarkan.

Hasilnya partisipan tampak kesulitan mengendalikan dirinya pada tugas kedua yang disebut sebagai fenomena "regulatory depletion atau deplesi peraturan". Hedgcock mengatakan bahwa DLPFC partisipan menjadi kurang aktif selama tugas kedua yang menunjukkan bahwa partisipan kesulitan untuk mengatasi respon awalnya.

"Studi ini merupakan langkah penting dalam usaha untuk menentukan definisi yang lebih jelas tentang pengendalian diri dan mencari tahu mengapa orang-orang melakukan hal-hal yang jelas-jelas menurutnya tidak baik," tandas Hedgcock seperti dilansir dari newkerala, Rabu (20/6/2012)Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit