detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Stres Paling Efektif Diobati dengan Belanja?

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 21/06/2012 15:02 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Setiap orang pasti memiliki cara-cara tersendiri jika berhadapan dengan stres. Salah satunya adalah makan banyak makanan atau ngemil dan pergi berbelanja. Biasanya hal ini dilakukan oleh kaum wanita.

Namun orang-orang yang mengalami stres ini akan jadi lebih selektif ketika berbelanja untuk mengatasi tantangan yang mungkin terjadi di masa depan. Hal ini diungkap sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research.

Penyanyi dan presenter Tammy Faye Bakker pernah berkata, "Saya selalu mengatakan bahwa belanja itu lebih murah daripada pergi ke psikiater."

"Konsisten dengan pernyataan tersebut, studi ini pun menunjukkan bahwa konsumen menggunakan berbagai produk untuk mengatasi tantangan terhadap citra dirinya sekaligus untuk secara proaktif melindungi dirinya sendiri dari tantangan potensial di masa depan," ungkap peneliti Soo Kim dan Derek D. Rucker dari Kellog School of Management, Northwestern University.

Retail therapy atau terapi retail sendiri merupakan mekanisme untuk mengatasi stres yang sebenarnya sudah sangat umum dilakukan. Setelah mengalami stres yang menantang citra dirinya, konsumen cenderung meningkatkan konsumsinya dalam rangka mengalihkan perhatian dan "melupakan segala hal yang terjadi."

Namun apakah konsumen berbelanja untuk mengatasi stres setelah penyebab stres itu terjadi? Jawabannya tidak. Peneliti menemukan bahwa konsumen juga berbelanja secara proaktif ketika menghadapi tantangan potensial di masa depan yang menyangkut citra dirinya.

Meski begitu, konsumen cenderung sangat selektif dalam memilih produk-produk yang spesifik untuk situasi yang berpotensi negatif atau memberikan respon negatif.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit