detikhealth

Ingin Hubungan Seks Lancar, Pria dan Wanita Harus Lakukan Ini

Linda Mayasari - detikHealth
Kamis, 21/06/2012 19:58 WIB
Halaman 1 dari 3
ilustrasi (foto: Thinkstock)
Jakarta, Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan mendatangkan manfaat yang besar bagi kesehatan, tetapi apakah Anda juga sudah menjaga kebersihan ketika berhubungan seks? Hal ini penting dilakukan untuk mencegah infeksi dan penyakit menular seksual lainnya.

Berikut hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kebersihan hubungan seks, seperti dilansir dari onlymyhealth, Kamis (21/6/2012) yaitu:

1. Pria perlu membersihkan penisnya

Jika Anda tidak disunat, Anda perlu menarik kembali kulup penis tanpa menyebabkan ketidaknyamanan. Tujuannya adalah untuk membersihkan kelenjar pada penis yang tertutup kulup. Bersihkan dengan lembut menggunakan air hangat.

Pastikan kelenjar tersebut bersih dari zat putih yang disebut smegma. Smegma ini terdiri dari sel-sel kulit mati, minyak, cairan tubuh dan bakteri. Kehadiran zat ini dapat menyebabkan infeksi dan bau busuk.

Pria yang disunat juga perlu menjaga kebersihan penis, karena kepala penis dapat bersentuhan langsung dengan keringat dan bakteri. Bersihkan alat kelamin Anda baik sebelum dan sesudah berhubungan seksual untuk mencegah infeksi.

2. Wanita juga perlu membersihkan vaginanyaNext

Halaman 1 2 3
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit