detikhealth

Kode-kode yang Sering Dipakai Remaja Saat Beli Kondom

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 22/06/2012 13:06 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Agar tidak ketahuan, para pembeli kondom di apotek yang malu-malu terutama karena masih remaja sering memakai istilah tertentu sebagai kode. Masing-masing kode lebih populer di kalangan tertentu dan di tiap daerah bisa berbeda-beda.

"Kode yang paling populer itu C.O. singkatan dari condom. Petugas di apotek pasti tahu kalau itu," kata Banu, seorang apoteker yang bekerja di salah satu jaringan apotek ternama saat dihubungi oleh detikHealth, Jumat (22/6/2012).

Kode lainnya seperti diungkap John di Bengkayang, Kalimantan Barat adalah 'sarung'. Istilah ini populer di kalangan bapak-bapak, sedangkan para remaja lebih suka menyebut warnanya saja tanpa menyebut kondom atau merek tertentu.

"Banyak yang hanya menunjuk-nunjuk dan hanya bilang 'itu, yang itu' atau menyebut warnanya saja," kata John, yang menjadi apoteker penanggung jawab di sebuah apotek.

Berikut ini adalah kode-kode yang sering digunakan para remaja saat membeli kondom di apotek:

1. C.O.
Kode C.O. berasal dari inisial kondom yang dalam ejaan internasional, yakni 'condom'. Singkatan atau kode ini cukup populer di kalangan asisten apoteker di Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya dan sering dipakai oleh remaja yang mau beli kondom.

2. K.D.
Sama seperti C.O. yang diambil dari inisial kondom, K.D. juga diambil dari 2 konsonan pertama kata kondom. Kode ini dikenali oleh kalangan yang lebih luas, karena lebih dekat dengan kata aslinya kalau dieja dalam Bahasa Indonesia.Next

Halaman 1 2
(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close