detikhealth

13 Cara Alami Atasi Gigitan Nyamuk

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 22/06/2012 17:03 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Siapa sih yang bisa betah dengan gigitan nyamuk? Apalagi nyamuk bisa membawa penyakit-penyakit yang membahayakan nyawa seperti demam berdarah atau malaria. Namun bagi banyak orang, rasa gatal akibat digigit nyamuk itu jauh lebih menyiksa.

Langkah pertama yang terlintas untuk mengatasi gigitan nyamuk pastilah menggaruk. Masalahnya, menggaruk bekas gigitan nyamuk akan merusak kulit, apalagi jika jari-jari Anda kotor sehingga meningkatkan risiko infeksi, ujar Dr. Neal B. Schultz, seorang ahli dermatologi yang berpraktik di New York City.

Lagipula menggaruk sebenarnya menciptakan lebih banyak peradangan, menambah keinginan untuk menggaruk lebih banyak dan memberi rasa nyeri yang lebih parah. Jika itu dirasa tidak membantu, barulah orang-orang beralih ke obat-obatan seperti antihistamine dan calamine.

Namun jika Anda lebih memilih cara alami, simak paparan 13 cara alami untuk mengatasi gigitan nyamuk seperti dikutip dari huffingtonpost, Jumat (22/6/2012) berikut ini.

1. Es
Terapi dingin yang mengejutkan akan meredakan gatal-gatal dan mencegah pembengkakan. "Sebenarnya es mematikan saraf yang menyebabkan gatal dan nyeri sehingga Anda takkan merasakannya lagi," kata Schultz.

2. Minyak Esensial
"Minyak pohon teh adalah salah satu minyak favorit saya," ujar Schultz. Karena bersifat antiinflamasi maka minyak ini dapat memerangi gatal, bengkak dan nyeri. Bahkan tampaknya minyak ini juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mencegah infeksi pada bekas gigitan.

Minyak lavender juga dapat membantu. "Lavender adalah yang paling serba guna dari semua jenis minyak esensial," ungkap Schultz. Sekali dioleskan pada kulit dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri serta mencegah infeksi, jelasnya.Next

Halaman 1 2 3
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit