Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Apakah Pakai Pil KB Bikin Gairah Seks Menurun?

Jumat, 22/06/2012 18:17 WIB
(Foto: Thinkstock)
Dokter, sudah 2 tahun ini saya mengosumsi pil KB (andalan laktasi) dan sudah 2 bulan ini saya ganti dengan pil KB andalan yang biasa. Setelah saya mengomsumsi selama 2 tahun, saya merasa jadi sensitif sekali, terhadap suami dan anak-anak (terkadang suka memarahi anak-anak). Padahal sebelum mengosumsi pil KB saya terbilang orang yang penyabar.

1. Yang ingin saya tanyakan apakah mitos bahwa mengosumsi pil KB bisa membuat seseorang jadi tempramen?
2. Apakah pil KB dapat menyebabkan menurunnya gairah atau keinginan untuk berhubungan intim?
3. Jenis pil KB atau merk apa yang harus saya minum agar berkeinginan untuk berhubungan intim? Terimakasih semoga dokter dapat menjawab pertanyaan saya.

Mita (Perempuan Menikah, 27 tahun), alamitaXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 156 Cm, Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Pil KB berisi bahan hormon pencegah ovulasi yang bisa menimbulkan efek samping seperti peningkatan tekanan darah, nyeri kepala, peningkatan berat badan, yang nantinya berkontribusi terhadap rasa "tidak nyaman" hingga mengganggu temperamen individu.

Kondisi ini termasuk pula gejala penurunan libido (hasrat seksual). Sebaiknya Anda beralih KBnya dengan metode spiral (IUD), sistem tanggal atau suami menggunakan kondom.

Dr. Andri Wanananda, MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit