detikhealth

Doctor's Life

Dr Piprim Perjuangkan Vaksin Murah Lewat Rumah Vaksinasi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 25/06/2012 10:03 WIB
Halaman 1 dari 2
dr Piprim (foto: twitter)
Jakarta, Selain vaksin wajib dari pemerintah, masih ada berbagai vaksin tambahan yang harganya sangat mahal. Berawal dari keluhan pasien di Twitter, dr Piprim mendirikan Rumah Vaksinasi agar masyarakat bisa mendapat vaksin semurah mungkin.

Inisiatif untuk mendirikan Rumah Vaksinasi berawal dari percakapan Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), seorang dokter dari RS Cipto Mangunkusumo dengan seorang pasiennya di twitter. Sang pasien yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu mengeluhkan mahalnya harga vaksin.

Dengan penghasilannya sebagai PNS, si pasien merasa tidak sanggup untuk membeli vaksin-vaksin yang harganya di atas Rp 1 juta. Padahal ia sangat berminat, sementara vaksin tersebut tidak masuk dalam program vaksin wajib yang disediakan pemerintah.

"Dari situ saya lalu mencoba menghubungi distributor. Saya tanya, harga sebenarnya berapa sih?" kata Dr Piprim yang kemudian mendirikan Rumah Vaksinasi sejak akhir Maret 2012, seperti ditulis detikHealth, Senin (25/6/2012).

Dr Piprim menilai, vaksin dan juga obat-obat esensial lainnya seharusnya tidak dijadikan komoditas. Karenanya ia juga tidak mau cari untung dari vaksin, sehingga ia menjual vaksin itu dengan harga asli dari distributor dengan hanya ditambah pajak dan biaya untuk jasa dokter.

"Selisih harganya lumayan, vaksin-vaksin tertentu yang dijual Rp 1,2 juta di rumah sakit misalnya hanya kami kenakan Rp 750 ribu," tambah Dr Piprim.

Untuk lebih menekan harga, Dr Piprim kadang juga memanfaatkan diskon besar-besaran yang sering diberikan oleh distributor kalau yang membeli vaksin adalah seorang dokter. Meski demikian, Dr Piprim tidak mau menyimpan vaksin terlalu banyak sehingga peminat diharapkan memesan paling lambat 2 hari sebelumnya.Next

Halaman 1 2
(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit