detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD

Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD adalah Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525. (Periode konsultasi: 24 Mei 2012 hingga 10 Juli 2012).

Kenapa Dada Penderita TBC Sering Sakit Setelah Minum Obat?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 26/06/2012 12:11 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Dokter, saya mau menanyakan tentang penderita TBC yang baru menjalani pengobatan OATnya selama 1 minggu. Namun dada pasien tersebut sakit sekali, bahkan kalau dipegang saja terasa sakit. Apa yang harus pasien tersebut lakukan dokter atau obat apa yang cukup ampuh namun aman untuk pasien tersebut? Terimakasih

Shintyawaty (Perempuan Menikah, 26 Tahun), tsatyXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 149 Cm, Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Tuberculosis paru adalah infeksi paru yang menyerang jaringan parenkim paru yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberkulosis. Bila pasien TB paru terdapat gejala nyeri dada, maka nyeri ini timbul jika infiltrasi radang sudah sampai ke pleura (selaput paru) sehingga menimbulkan pleuritis.

Terjadinya gesekan kedua pleura sewaktu pasien menarik dan melepaskan nafas akan menimbulkan rasa nyeri di dada. Sebaiknya pasien kembali kontrol ke dokter apabila ada tanda nyeri dada. Dokter akan melakukan pemeriksaan foto dada ulang untuk menilai apakah ada pleuritisatauefusipleura.

Saran pengobatan adalah obat-obat anti tuberculosis diteruskan, karena pengobatan ini menyebabkan cairan efusipluera dapat diserap kembali, tetapi untuk menghilangkan cairan dengan cepat atau bila jumlah cairan efusipluera cukup banyak dapat dilakukan torakosintesis.

Namun bila terdapat nyeri yang hebat biasanya dokter akan memberikan kortikosterioid selama kurang lebih 2 minggu.

Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit