detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Anak Alami Kaki Bengkok, Tapi Orangtuanya Takut Dioperasi

Selasa, 26/06/2012 14:37 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, anak saya kembar, laki-laki usia 2,5 tahun dan mempunyai masalah clubfoot. Waktu umur 9 bulan telah di gips di sebuah rumah sakit, tapi belum bagus sehingga harus operasi. Adakah resiko setelah operasi? Dari sesama orangtua yang anaknya mengalami clubfoot bilang anaknya harus operasi ulang karena hasil belum bagus. Apakah bisa sarafnya mengalami masalah setelah dioperasi sehingga mengakibatkan tidak bisa jalan? Saya mohon pendapat dari dokter. Terimakasih

Martin (Laki-laki Menikah, 36 Tahun), martinXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 170 Cm, Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Congenital talipes equinovarus (CTEV) atau clubfoot adalah kelainan berupa kaki yang plantar-fleksi atau bahasa awamnya kaki bengkok ke dalam. Pada dasarnya terapi terbagi dua yakni non operatif dimana dilakukan pembidaian secara berkala sejak lahir dengan menggunakan gips atau sepatu khusus dan tindakan operatif untuk mengkoreksi deformitas/kecacatan bila non operatif gagal.

Bayi dengan CTEV yang ringan, pada umumnya dapat dikoreksi dengan baik dan terapi cukup koreksi dengan gips saja. Nah cobalah bapak konsultasi ulang ke dokter bedah untuk mengetahui kondisi pastinya serta kemungkinan lain.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit