Konsultasi Kesehatan Bersama
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Kenapa Siklus Haid Jadi Panjang Saat Sedang Terapi Kesuburan?

Selasa, 26/06/2012 14:42 WIB
(Foto: thinkstock)
Dokter, saya penderita PCO. Saat ini dokter memberi saya klomifen 100gr dan bulan ini ukuran sel telur saya 21 dan 25mm, kata dokter ukuran tersebut normal. Tapi masalahnya siklus menstruasi menjadi panjang sampai 41 hari (sebelumnya 32 hari), kenapa ya dok? Dan bulan ini saya melakukan inseminasi (karena sperma suami kurang), dengan kondisi ukuran sel telur 21 dan 25 tersubur (hari ke-29 setelah HPHT), tapi sudah 4 hari setelah insem, suhu basal tubuh saya tidak naik, biasanya dengan kondisi begini, suhu tubuh saya pasti naik tiap periodenya dan katanya itu tanda ovulasi dok. Tapi bulan ini tidak naik sampai hari ke-33 setelah HPHT, kenapa ya? Minta bantuan untuk dijelaskan ya dok. Terimakasih

Lily (Perempuan Menikah, 31 Tahun), bungakuXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 157 Cm, Berat Badan 52 Kg

Jawaban

Kenaikan suhu basal menunjukkan adanya ovulasi, dengan syarat pengukuran suhu basal dilakukan dengan benar. Siklus menstruasi yang lebih panjang dari 35 hari merupakan indikasi tidak terjadinya ovulasi.

Pemberian hormon HCG dianjurkan bila ukuran folikel (calon sel telur) pada indung telur telah mencapai 18-25 mm untuk memastikan dan mengatur waktu terjadinya ovulasi.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit