detikhealth

Menolak Pakai Seragam Sekolah Karena Fobia Kancing

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 26/06/2012 18:25 WIB
Halaman 1 dari 2
Hannah Matthews (dok: Mirror)
Jakarta, Kancing yang terdapat di seragam sekolah bukanlah barang yang menyeramkan atau berbahaya, tapi tidak bagi Hannah Matthews. Ia bisa menjerit ketakutan dan menolak menggunakan seragam tersebut karena fobia dengan kancing.

Hannah Matthews akan merasa panik dan berusaha melarikan diri jika dihadapkan atau berada dekat dengan sebuah kancing. Kondisi ini pertama kali muncul ketika berusia 5 tahun ia menolak menggunakan seragam sekolahnya.

Kala itu orangtuanya merasa bingung mengapa anaknya tidak mau menggunakan seragam sekolah, bahkan setelah dibujuk sekalipun. Hingga akhirnya orangtua berkonsultasi dengan ahlinya dan diketahui bahwa ia memiliki fobia terhadap kancing atau disebut dengan koumpounophobia.

"Saya tahu itu tidak rasional dan saya jelas tahu kancing tidak akan menyakiti saya, tapi ada sesuatu mengenai bentuk dan teksturnya yang aneh yang membuat saya takut dan panik," ujar Hannah, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Selasa (26/6/2012).

Kehidupan Hannah sempat terganggu akibat fobia ini bahkan mempengaruhi peluangnya untuk bekerja, karena ia hanya mampu menggunakan sweater tanpa kancing serta pakaian lain yang menggunakan resleting tanpa kancing.

Kondisi ini tentu saja membatasi Hannah dalam memilih dan menggunakan pakaian, hingga akhirnya ia memutuskan untuk melakukan konseling. Setelah melewati beberapa kali konseling ia mulai berhasil mendirikan mekanisme pertahannya.

"Sekarang jika ada orang memakai atau melihat kancing, saya bisa mengontrol reaksi yang mungkin saya. Tapi saya masih belum bisa menyentuh atau membiarkannya ada terlalu dekat dengan saya," ujar Hannah.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit