detikhealth

Pria Takut Bila Tak Bisa Hamili Pasangannya

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Selasa, 26/06/2012 19:59 WIB
Pria Takut Bila Tak Bisa Hamili Pasangannya(Foto: thinkstock)
Jakarta, Meski bercinta tak melulu untuk mendapatkan keturunan, namun pria yang punya pasangan resmi biasanya cemas kalau dirinya tak bisa menghamili pasangannya setelah melakukan hubungan intim bertahun-tahun.

Selama ini wanita sering dituding menjadi penyebab susahnya pasangan untuk mendapatkan keturunan. Tapi tanpa disadari, banyak juga masalah infertilitas atau kemandulan yang berasal dari pria. Bahkan mandul menjadi salah satu ketakutan seks pada pria.

Ketidaksuburan dapat dijelaskan sebagai ketidakmampuan biologis untuk hamil atau menghamili, bahkan setelah mencoba untuk waktu yang lama.

Tak melulu karena wanita, masalah ketidaksuburan juga banyak disebabkan oleh pria. Dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, spesialis andrologi dari RS Fatmawati mengatakan bahwa 40 persen infertilitas pasangan disebabkan oleh pria.

Meski tidak setiap sesi bercinta harus bertujuan membuat pasangan hamil, tapi tetap saja menjadi pikiran bagi pria kalau pasangannya tidak juga hamil.

Ini karena pria sangat takut diberi cap impotensi atau tidak memiliki performa seksual yang baik, jika pasangan tak kunjung hamil, seperti dilansir Timesofindia, Selasa (26/6/2012).

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi ketidaksuburan pria, salah satunya karena faktor kesehatan. Penyakit-penyakit yang dapat membuat pria mandul antara lain:

1. Diabetes
Diabetes telah didiagnosa sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan masalah infertilitas pada pria. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Inggris, sperma pada pria diabetes mengalami kerusakan DNA. Konsentrasi sperma juga terpengaruhi secara signifikan dalam kasus ini.

Perubahan konsentrasi dan kerusakan DNA menyebabkan embrio tidak dapat terbentuk juga tidak dapat memberikan semua kode genetik.

2. Penyakit Celiac
Penyakit Celiac adalah suatu kondisi di mana lapisan dari usus kecil rusak sehingga tidak bisa menyerap bagian dari makanan yang penting agar tubuh tetap sehat.

Wanita yang menderita penyakit ini biasanya memiliki masa reproduksi lebih pendek dan menopause dini. Sedangkan pada pria, penyakit ini dapat menyebabkan disfungsi gonad yang berpengaruh terhadap fungsi testis. Jadi penyakit ini adalah salah satu penyebab kemandulan.





(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit