detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Ulasan Khas

Gagah, Atletis, Punya Karir Hebat Tapi Terenggut Kanker

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 27/06/2012 07:47 WIB
Halaman 1 dari 3
Berthie Sompie (Foto: detikHealth)
Jakarta, Kalau ada hal yang paling disesali Berthie Sompie, maka hal itu adalah kebiasaan merokoknya yang parah. Kebiasaan ini memberinya panen emas berupa kanker paru dan usus sekaligus, hingga karirnya sebagai atlet ikut hancur karenanya.

Laki-laki berkumis yang rambutnya mulai memutih itu masih tampak gagah dan atletis di usianya yang sudah 53 tahun. Pemilik nama asli Albert Charles Sompie tersebut sedianya bahkan mau menemani anak bungsunya, Albert Alvin Sompie (19 tahun) bermain futsal.

"Kalau tidak diingatkan ada janji wawancara, ini tadi saya mau main futsal sama anak saya," kata Berthie yang sore itu mengenakan kaos olahraga warna merah berlogo Adidas, saat ditemui di kediamannya di Cempaka Putih, seperti ditulis detikHealth, Rabu (27/6/2012).

Dengan postur begitu gagah, siapa sangka mantan Kapten Tim Nasional Softball era 1990-1980 ini sudah kehilangan setengah dari paru-paru kanan dan hampir dua pertiga usus besarnya. Kedua organ tersebut digerogoti kanker dan dua-duanya merupakan kanker primer, bukan cuma karena salah satu menyebar ke tempat lain.

Karirnya sebagai atlet softball profesional, juga sebagai konsultan keuangan ikut hancur bersamaan dengan diagnosis kanker yang diterimanya di usia 47 tahun, sekitar awal November 2004. Berat baginya meninggalkan dunia olahraga yang sudah menjadi bagian dari perjalanan hidupnya selama ini.

"Softball itu hidup saya, satu-satunya obat saya ketika balik badan menghindari operasi. Saya ketemu istri saya pertama kali juga di lapangan softball," kenang suami dari drg Endah Wahyuningsih yang dikenalnya semasa SMA saat ikut kejuaraan softball antar-pelajar di Surabaya puluhan tahun silam.

Berthie memang sempat mengingkari kondisinya, tidak berani menghadapi kanker yang sudah mengancam jiwanya. Setahun lamanya dia balik badan menghindari pengobatan medis, memilih pengobatan alternatif sambil sesekali nonton pertandingan softball untuk mengalihkan perhatian dari sakitnya.Next

Halaman 1 2 3
(up/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit