detikhealth

Ulasan Khas

Kanker-kanker yang Paling Banyak Menyerang Orang Indonesia

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 27/06/2012 12:46 WIB
Kanker-kanker yang Paling Banyak Menyerang Orang Indonesia(Foto: thinkstock)
Jakarta, Hampir sebagian besar bagian tubuh mulai dari ujung rambut hingga kaki bisa diserang sel kanker. Tapi jika dilihat kanker-kanker apa saja yang paling banyak menyerang orang Indonesia?

dr Sonar Soni Panigoro, SpB(K)Onk selaku Direktur Utama RS Kanker Dharmais Jakarta, saat dihubungi detikHealth, Rabu (27/6/2012) menuturkan ada jenis kanker tertentu yang frekuensinya relatif terbanyak di Indonesia, yaitu:
1. Kanker payudara
2. Kanker leher rahim
3. Kanker paru
4. Kanker usus
5. Kanker hati
6. Kanker nasofaring

"Saat ini yang dianggap baik prognosisnya antara lain kanker tiroid, kanker kulit dan kanker payudara, sedangkan yang prognosisnya terburuk yaitu kanker pankreas, hati dan paru," ujar dr Sonar.

dr Sonar mengungkapkan misal pada kanker paru perjalanan penyakitnya terbilang cepat dibanding kanker payudara atau tiroid dan sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar efektif untuk kanker paru.

"Setiap hal yang bisa menyebabkan kerusakan gen secara teori dapat memicu kanker, tapi ada orang dengan gen tertentu yang lebih mudah mendapat kanker misalnya yang punya gen Brca1 dan Brca2 yang lebih mudah kena kanker payudara," ujar dr Sonar yang berpraktik di RS Pondok Indah Puri Indah.

Sampai saat ini diketahui kanker serviks dan kanker payudara hampir selalu menjadi jenis kanker yang banyak menyerang orang Indonesia, meski belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya.

Namun dr Drajat Suardi, SpB(K)Onk, Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia menuturkan faktor risiko yang berperan dalam kondisi ini antara lain menstruasi yang lebih cepat, menopause yang lebih lambat serta jumlah anak yang sedikit. Hal ini umumnya terjadi pada perempuan di kota-kota besar.

Faktor-faktor risiko tersebut tidak serta merta langsung membuat orang jadi kena kanker, karena ada faktor internal seperti genetik dan juga eksternal misalnya infeksi lain yang bisa memicu sel kanker.

Sedangkan untuk kanker paru umumnya dipicu karena meningkatkan jumlah orang yang merokok serta banyaknya asap polusi yang ada di lingkungan, untuk kanker usus sebagian besar disebabkan oleh pola makan yang buruk.

Untuk kanker hati biasanya disebabkan oleh penyakit hepatitis yang sudah kronis sehingga memicu terjadinya sirosis dan juga kanker hati, umumnya hepatitis ini tidak memiliki gejala sehingga banyak orang yang tidak menyadari dan baru tahu setelah timbul komplikasi seperti kanker hati.


(ver/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit